Komparasi Harga Baru dan Bekas Honda PCX 150 vs Yamaha Nmax 155

Skuter matik Honda PCX
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Bicara soal sepeda motor terlaris di Indonesia, maka ada dua merek yang sering muncul di pemberitaan, yakni Honda dan Yamaha. Sementara jika membahas tentang modelnya, maka tidak lain yakni skuter matik.

Hingga saat ini, pangsa pasar sepeda motor yang mengandalkan perpindahan gigi transmisi secara otomatis itu masih di angka 80 persen. Sisanya diisi oleh jenis motor bebek dan motor sport.

Beberapa tahun belakangan ini, pamor skuter matik berbodi bongsor terus menanjak. Modelnya yang menawan dan dibekali mesin dengan tenaga cukup besar, membuat pengendaranya merasa lebih keren dari pemotor lainnya.

Khusus pasar skuter matik bongsor berkapasitas mesin 150cc, Honda memiliki PCX 150 dan Yamaha mengandalkan Nmax 155. Keduanya sudah dirakit secara lokal di Tanah Air, sehingga harga jualnya tidak terpaut jauh.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman resmi masing-masing merek, Rabu 22 Juli 2020, Honda menawarkan PCX 150 dalam tiga varian, yakni CBS, ABD dan Hybrid. Harga PCX CBS yakni Rp29,8 jutaan, versi ABS Rp32,8 jutaan dan Hybrid Rp43,2 jutaan.

Sementara, Yamaha hanya punya dua varian Nmax. Tapi, selain model baru mereka juga masih memasarkan Nmax model lama yang legendaris.

Soal harga, Nmax lama varian standar dibanderol Rp28,5 juta, Nmax lama ABS Rp32,2 juta, Nmax baru versi standar Rp29,7 juta, dan Nmax baru ABS Rp33,75 juta. Semua harga sudah berstatus on the road Jakarta.

Kedua motor tersebut juga tersedia dalam kondisi bekas pakai. Pemilik Dori Motor, Ahmad mengungkapkan bahwa harga motor seken saat ini mengalami penurunan cukup banyak, imbas COVID-19.

“Saya beli 3 bulan kemarin masih Rp17 jutaan dari tangan konsumen untuk 2017 non ABS, saya jual lagi Rp19 juta. Honda PCX juga ikut turun harganya, meski statusnya lebih mahal,” tuturnya.

Untuk Honda PCX produksi 2018, kata Ahmad, harga jualnya hanya menyentuh angka Rp19,5 juta. Sedangkan, ia membeli dari tangan konsumen dengan banderol Rp17 juta.