Sepeda Ini Cocok Buat yang Malas Gowes

Sepeda listrik Viar
Sumber :
  • Viar

VIVA – Pasca dilonggarkannya pembatasan sosial berskala besar, masyarakat Indonesia punya hobi baru yang menyehatkan, yakni bersepeda. Hal ini mereka lakukan, demi menjaga kebugaran tubuh agar tidak mudah terserang virus COVID-19.

Tingginya animo masyarakat, membuat para pedagang sepeda kewalahan menerima pesanan. Beberapa waktu lalu, stok di gudang mereka bahkan sempat kosong akibat banyaknya unit yang dibeli konsumen.

Tidak hanya sepeda yang masuk dalam kategori murah, beberapa model dengan banderol selangit juga laku bak kacang goreng. Seperti Dahon asal Amerika Serikat, hingga Brompton buatan Inggris.

Pasar sepeda juga diramaikan dengan berbagai produk lokal. Salah satunya Viar, yang baru saja meluncurkan sepeda listrik. Perusahaan asal Semarang, Jawa Tengah ini sebelumnya dikenal sebagai produsen motor listrik Q1 dan kendaraan beroda tiga yang biasa dipakai untuk membawa galon air mineral.

Ada dua sepeda yang dihadirkan, yakni Uno dan Akasha. Model yang pertama dirancang dengan konsep kompak dan sporty, sementara model kedua lebih mengutamakan fitur dan kenyamanan.

Akasha memiliki fitur kompartemen lebih banyak, pada bagian depan terdapat keranjang dan poket bagasi di balik cover depan, sehingga memudahkan penggunanya untuk lebih banyak menyimpan barang. Tersedia juga fitur alarm sebagai peranti keamanan tambahan.

Viar Akasha dapat menempuh jarak hingga 70 kilometer, sementara varian Uno hanya 50 kilometer dengan kondisi baterai terisi penuh. Kecepatan maksimalnya 30 kilometer per jam, dan pengendara tetap bisa melaju meski daya baterai habis berkat adanya pedal.

Waktu pengisian baterai untuk keduanya sekitar 4 jam. Uno ditawarkan dengan banderol Rp5,7 juta dan Akasha Rp7 juta. Unit tersedia di diler Viar maupun e-commerce, dan bisa dibeli secara kredit melalui Adira Finance.

“Garansi selama lima tahun untuk rangka, satu tahun motor dan controller, enam bulan untuk baterai dan charger,” ujar Marketing Communication Viar Motor Indonesia, Frengky Osmond di Jakarta, Senin 3 Agustus 2020.