Panduan Mengendarai Motor di Masa New Normal ala Ahli Safety Riding

Safety riding AHM 2016.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Para pengguna alat transportasi sepeda motor kini harus melakukan persiapan lebih banyak, ketika hendak melintas di jalan raya. Adanya wabah virus COVID-19 membuat mereka rentan terkena paparan, sehingga perlu alat pengaman yang memadai.

Selain masker, baik pengendara motor maupun pembonceng juga sebaiknya mengenakan helm yang dibekali dengan kaca pelindung atau visor. Hal ini untuk mencegah wajah terkena droplet, yang bisa saja berada di udara.

Tak hanya itu, perlengkapan berkendara seperti helm, sarung tangan dan jaket juga sebaiknya tidak ditinggal begitu saja di motor saat parkir. Sebab, lokasinya yang terbuka membuat benih virus bisa menempel dengan mudah.

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor, Johannes Lucky mengatakan bahwa ada hal lain yang perlu diperhatikan oleh pengendara saat mengoperasikan sepeda motor di jalan.

“Pertama, kontrol emosi untuk menghindari efek negatif dari keadaan saat ini. Lalu, pahami karakteristik pengguna jalan yang lain, seperti pesepeda,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Jumat 7 Agustus 2020.

Hal ketiga yang perlu diperhatikan pemotor ketika berada di jalan raya, yakni memprediksi bahaya. Terutama, apabila kondisi jalan sedang sepi, karena kendaraan cenderung melaju dengan kecepatan lebih tinggi.

Cara aman berkendara lainnya yang perlu dikuasai setiap saat, yaitu menjaga jarak dengan pengguna jalan lainnya. Apabila terjadi pengereman mendadak, maka pemotor bisa melakukan antisipasi lebih awal.

“Lalu, transaksi menggunakan uang digital atau uang pas, sehingga tidak perlu memegang kembalian yang sebelumnya sudah berpindah tangan. Terakhir, jangan lupa membawa perlengkapan makanan sendiri,” tuturnya