Lamanya Lampu Merah Jadi Berkah buat Pemotor Ini

Pemotor bersitirahat sejenak di lampu lalu lintas
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube

VIVA – Bukan hanya untuk keperluan pribadi, sepeda motor menjadi alat transportasi juga menjadi andalan para pemilik usaha untuk operasional mereka. Mulai dari mengirim barang, hingga jasa ojek online.

Meski unggul dalam hal kecepatan, namun menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan untuk mencari nafkah juga ada efek sampingnya. Tubuh menjadi lebih cepat lelah, karena setiap hari terpapar terik matahari dan debu jalanan.

Demikian pula ketika musim hujan tiba, pemotor harus mengenakan mantel antiair agar tidak kebasahan dan terserang penyakit musiman. Jaket juga jadi perlengkapan sehari-hari, meski membuat tubuh lebih mudah berkeringat.

Dengan semua faktor itu, tidak mengherankan apabila ada pemotor yang mengalami kelelahan saat sedang berkendara. Hal ini tentu saja sangat berbahaya, karena bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga: Minat Beli Maung, Begini Prosedurnya

Menurunnya konsentrasi bisa berdampak pada tidak sigapnya mengendalikan kendaraan, bahkan bisa saja pengendara mengalami micro sleep atau tidur sejenak saat masih melaju di jalan raya.

Satu-satunya cara mengatasi hal itu, adalah dengan beristirahat sejenak. Jangan memaksakan untuk terus berkendara, karena risikonya bukan hanya pada diri sendiri, tapi juga bisa berdampak pada pengguna jalan lainnya.

Seperti yang dilakukan oleh pengendara sepeda motor dalam video di bawah ini. Ia memanfaatkan lamanya durasi lampu lalu lintas yang tengah menyala merah, untuk beristirahat sejenak. Caranya dengan bersandar pada boks, sembari menaruh kakinya di setang.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman YouTube tvOneNews, Rabu 12 Agustus 2020, peristiwa tersebut terjadi di Shah Alam, Malaysia. Durasi lampu lalu lintasnya yakni 199 detik atau lebih dari 3 menit, memungkinkan pemotor untuk sejenak bersantai sembari antre.