Ada yang Menarik saat Motor Honda Dilelang

Ilustrasi motor lelang
Sumber :
  • gophear.co.id.

VIVA – Banyak orang masih ragu untuk membeli kendaraan di acara lelang. Hal itu wajar, mengingat dibutuhkan kejelian dan pengetahuan yang luas tentang dunia otomotif untuk bisa mendapatkan unit yang sesuai harapan.

Meski dibuka untuk perorangan, namun Operation Head PT Balai Lelang Astra Natra Jaya (Auksi), Bady Qadarsyah mengaku bahwa saat ini pesertanya masih banyak dari kalangan pedagang.

“Memang saya akui, pedagang masih mendominasi lelang, dan ini menjadi pekerjaan rumah bagi kami. Apalagi, persepsi barang lelang bukan barang yang mulus, ini terus kami kampanyekan kepada masyarakat luas,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Kamis 13 Agustus 2020.

Bady menjelaskan, salah satu yang menjadi kekurangan dari acara lelang itu adalah kondisi unit yang dijual apa adanya. Kendaraan yang dilelang tidak mendapat perbaikan terlebih dahulu, dan beberapa juga bisa dijual dalam kondisi pajak mati.

“Auksi tidak bisa membantu bila kondisi pajak kendaraan sudah mati, semua tempat lelang juga demikian. Tetapi, kami bisa menginformasikan biro jasa untuk memperpanjang pajak tersebut. Yang terpenting, unit yang dijual harus memliki BPKB asli,” tuturnya.

Baca Juga: Pedagang Nakal Susah Beli Mobil Lelangan

Mengenai kondisi yang tidak sesuai standar, Bady mengaku bahwa hal itu tidak bisa dihindari karena prosedur lelang sudah masuk dalam koridor Undang-Undang yang berlaku. Artinya, penjual berhak menawarkan unit dalam kondisi apa adanya.

Terkait unit yang dijual, Bady mengaku ada satu keunikan ketika dilakukan lelang untuk kendaraan bermotor roda dua. Menurutnya, ada satu merek yang selalu laku terjual ketika lelang digelar.

“Saat ini hanya ada dua merek, Honda dan Yamaha. Salah satu kelebihan Honda, di semua tipenya laku terjual, seperti BeAT, Vario dan PCX. Sedangkan untuk Yamaha, hanya tipe-tipe tertentu saja yang laku, seerti NMax,” jelasnya.