Ada Motor Bebek Langka Mejeng di Diler Yamaha Bali, Bisa Dibeli?

Motor bebek 2-tak F1Z dipajang di diler resmi Yamaha di Bali
Sumber :
  • dok. Yamaha

VIVA – Ketika mengunjungi diler resmi, biasanya akan terlihat jajaran produk baru yang dipajang di showroom. Tujuannya, agar konsumen bisa melihat secara langsung dan mendetail kendaraan yang nantinya akan diboyong ke rumah.

Namun, ada pemandangan berbeda ketike mengunjungi diler resmi Yamaha di Bali. Di ruang pamernya, dipajang sepeda motor bebek yang ngetop di era 1990an,  F1Z. Motor bermesin 2 Tak dengan kapasitas 110cc itu, masih mempertahankan tampilan aslinya.

Sejak beberapa tahun lalu, sepeda motor dengan kinerja mesin 2 langkah (2 Tak) memang dilarang karena dianggap memiliki polusi tinggi. Maka, produsen otomotif roda dua termasuk Yamaha menyetop penjualan motor bersuara cempreng itu di Tanah Air.

Kini sepeda motor 2 Tak seperti F1Z merupakan kendaraan langka, bahkan disebut-sebut sebagai barang buruan para penggemar otomotif lokal. Apalagi, motor berbodi putih lansiran 1996 itu sangat sedikit populasinya, karena minim peminat di zamannya.

Baca juga: Pemilik Kijang Innova dan Fortuner di RI, Diminta Cek Rem di Bengkel Resmi

Kini, motor bebek berpenampilan standar pabrik yang mejeng di ruang pamer diler resmi Yamaha itu menarik perhatian konsumen. Sayangnya, kendaraan berusia 24 tahun itu tidak dijual, dan hanya menjadi bagian dari pelestarian produk motor 2 Tak saja.

“Unit yang dipajang itu merupakan koleksi dari komunitas 2 Tak Menolak Punah Bali. Kami display di bulan Agustus ini tepat pada saat kemerdekaan RI ke 75," ujar Andri Fistulariyanto, bagian promosi DDS Bali, dikutip VIVA Otomotif, Minggu 23 Agustus 2020.

Motor bebek 2 Tak F1Z diketahui merupakan produk transisi dari model Alfa menuju F1ZR. Dilihat dari tampilannya, F1Z menyerupai Yamaha Force 1 namun sudah memakai rem cakram di roda depan dan knalpot racing mirip F11ZR.

Sebelum dipajang di diler resmi, motor tersebut telah mengalami restorasi dan penggantian beberapa komponen dengan yang baru, namun tetap mempertahankan fungsi dan desain seperti pertama kali keluar dari pabriknya.