Banyak Motor Canggih Siap Mengaspal di Indonesia, Ini Daftarnya

Daftar motor listrik yang siap dipasarkan di Indonesia
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube

VIVA – Setiap tahun, tidak kurang dari lima juta sepeda motor dikirim dari pabrik ke diler di Indonesia. Angka tersebut kurang lebih lima kali lebih banyak dari kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Tingginya minat akan kendaraan bermotor roda dua, disambut oleh para pabrikan dengan menghadirkan berbagai model dan tipe yang masing-masing memiliki keunggulan. Beragam fitur canggih pun disematkan, untuk menarik minat konsumen.

Baca juga: Motor Setengah Miliar Rupiah Kena Razia, Netizen Protes

Adanya kebijakan pemerintah soal percepatan penggunaan kendaraan listrik, juga ditanggapi oleh para produsen sepeda motor dengan cara menyiapkan beberapa model yang ramah lingkungan.

Kepala Seksi Sertifikasi Kementerian Perhubungan, Jabo Nur Utip mengatakan bahwa dari data yang ia miliki, tercatat saat ini ada 24 kendaraan bermotor roda dua dengan penggerak energi listrik yang sudah mendapat Sertifikat Uji Tipe atau SUT.

“Sementara, jumlah Sertifikat Registrasi Uji Tipe untuk sepeda motor berjumlah 1.947 unit. Ini kira-kira jumlah populasi sepeda motor listrik,” ujarnya saat acara webinar yang digelar oleh Komite Penghapusan Bensin Bertimbel, dikutip VIVA Otomotif Selasa 8 September 2020.

Pada presentasi selanjutnya, Jabo menunjukkan data sepeda motor listrik yang dibagi berdasarkan merek dan model. Dari data tersebut, diketahui ada sebanyak 14 merek kuda besi yang sudah mendapat SUT di Indonesia.

Namun, tidak semua sudah melakukan proses produksi. Data yang diperlihatkan Jabo menunjukkan, bahwa hanya Viar, Gesits, SDR, dan Migo yang sudah memasarkan produk mereka. Sementara, yang lain baru mendapatkan SUT saja. Berikut daftar sepeda motor yang sudah mendapat SUT dan siap dipasarkan di Indonesia:

Viar V 1 E
Viar V 1 Q
Magnum Legend
Magnum Scoopy
Magnum Tricycle
Honda PCX Electric

SDR MY2500W
Gesits G1
Selis E-Max E
Selis Eagle Prix
Migo Tigris
Niu NGT

Niu N-Lite
Ecgo 2 A
United T1800
United G3000
United B1200
Elvindo NY800DQT-10C

Volta 401
Cakra BQ1200DT-2X
Kymco Like EV
Kymco Agility EV
TVS iQube
Electro ML01