Honda Luncurkan Skutik Bongsor Baru

Honda Forza 125 edisi 2021
Sumber :
  • Honda Europe

VIVA – Skuter matik tidak hanya diminati di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara saja, namun juga di benua lain termasuk Eropa. Sepeda motor jenis ini disukai karena mudah dioperasikan dan memiliki banyak fitur menarik.

Salah satu contohnya Honda Forza 125, yang versi barunya resmi dihadirkan oleh Honda Eropa. Wujud motor ini tidak jauh berbeda model yang dipasarkan di Tanah Air, hanya saja kapasitas mesinnya yang lebih kecil.

Honda Forza 125 dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal, meski hanya dibekali mesin satu silinder berkapasitas 125cc. Desain bodinya dirancang ulang, agar lebih aerodinamis dan menarik untuk dipandang.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman resmi Honda Eropa, Kamis 15 Oktober 2020, Forza 125 memiliki kaca depan yang bisa diatur secara elektrik. Jarak mainnya dibuat lebih jauh 40 milimeter, sehingga suara angin yang dihasilkan saat melaju kencang bisa berkurang.

Baca juga: Puluhan Motor Ditinggal Pemiliknya di Monas

Honda juga membekali motor ini dengan lubang udara di bagian depan, yang fungsinya mengurangi turbulensi di depan tubuh pengendara. Joknya dibuat nyaman untuk perjalanan jarak jauh, dan di bawahnya tersimpan bagasi yang bisa memuat dua helm full face.

Pada versi 2021 ini, Honda membekali Forza 125 dengan kontrol traksi. Fitur ini bisa mencegah ban belakang selip saat melintas di jalur licin, sehingga motor tetap stabil.

Meski tidak mengubah kapasitas mesin, namun teknologi enhanced Smart Power membuat empat katupnya bisa menghasilkan tenaga yang maksimal. Konsumsi bahan bakar motor ini 42,7 kilometer per liter, dan dikombinasikan dengan tangki 11,5 liter.

Belum ada banderol resmi untuk motor ini. Namun sebagai gambaran, versi lamanya dijual dengan harga 4.849 Pound atau setara Rp93 juta.