Pakai Mesin Motor gede, Kendaraan Ini Dijual Rp500 Jutaan

Kendaraan roda tiga Bond Bug yang pakai mesin moge Yamaha R1
Sumber :
  • rideapart

VIVA – Pabrikan otomotif Inggris, dikenal sebagai penghasil kendaraan legendaris. Contohnya ada di jajaran produk Aston Martin dan Land Rover. Selain itu, puluhan tahun silam ternyata ada kendaraan roda tiga lahir dari negara yang sama.

Kendaraan roda tiga itu bernama Bond Bug, yang didesain oleh Tom Karen dari Ogle Design, dan diproduksi oleh Reliant Motor Company di Inggris. Pemasarnnya dilakukan hanya selama 4 tahun, yakni dari tahun 1970 sampai 1974.

Jika dilihat dari bentuk bodinya, terlihat menyerupai mobil dengan wujud tak sempurna. Di depan terdapat dua lampu utama, spion, serta kaca berukuran besar. Untuk akses masuk dan keluar kabin, setengah bodinya dibuka ke arah depan.

Melansir dari Rideapart, Senin 26 Oktober 2020, kini salah satu dari kendaraan roda tiga ini akan dilelang oleh Artcurial pada 1 November 2020. Meski berstatus bekas pakai, harganya diperkirakan bisa mencapai lebih dari 30 ribu Euro, atau setara Rp519,33 juta.

Baca juga: Giliran Mitsubishi yang Tawarkan Mobil Bekas Pakai Garansi Resmi

Banderol tersebut diberikan karena Bond Bug ini, bisa dikemudikan secara legal di jalan raya. Kendaraan ini terdaftar sesuai regulasi yang berlaku, untuk sepeda motor roda tiga di Prancis.

Selain itu, motor roda tiga ini ternyata memiliki tenaga dahsyat. Ya, jantung penggerak standarnya berkapasitas 700cc yang hanya menghasilkan tenaga 28cc sudah dilepaskan.

Sebagai gantinya, ditanam mesin motor gede (moge) Yamaha R1 berkapasitas 1.000cc dengan tenaga 150hp. Sayangnya tak dijelaskan sistem transmisi yang digunakan, untuk menyalurkan tenaga mesin ke penggerak roda belakangnya.

Wujud asli Bond Bug tetap dipertahankan, hanya bodinya saja dilapis ulang memakai cat warna oranye. Interiornya juga tetap mengikuti bentuk asli, hanya jok dilapis ulang dan beberapa komponen ducat hitam. Pemilik lama juga menanam speedometer baru di kendaraan unik ini.