Tombol Rahasia Ini Bikin Skuter Piaggio MP3 Jadi Kayak Mobil

Skuter matik roda tiga Piaggio MP3 500 hpe Sport Advance.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – PT Piaggio Indonesia beberapa waktu lalu sudah meluncurkan model baru dari skuter matik roda tiga MP3. Motor tersebut ditawarkan dengan mesin, serta fitur baru untuk memaksimalkan kenyamanan berkendara.

Sesuai namanya, skuter Piaggio MP3 500 hpe Sport Advance itu mengusung jantung penggerak baru High Performance Engine, berkapasitas 500cc. Tak hanya itu, motor dengan dua roda di depan dan satu di belakang itu dilengkapi dengan gigi mundur.

Meski terkesan sederhana, penyematan gigi mundur ini sangat membantu ketika memarkirkan skuter roda tiga tersebut. Sebab, bukan perkara mudah jika harus menggeser posisi motor berbobot 282 kilogram.

PR and Communication Manager PID, Robby Gozal mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memundurkan motor roda tiga tersebut. Pertama, kata dia, pastikan tuas gas tidak terbuka atau dalam kondisi stasioner.

Berikutnya, kata dia, tekan tombol kecil di sisi kiri ke-R (Reverse). Setelah gigi mundur aktif, maka akan terdengar bunyi. Dengan demikian, pengendara bisa memundurkan motornya seperti sedang memarkirkan mobil.

"Untuk memundurkannya, bukan memutar tuas gas. Tekan tombol start, maka motor akan mulai mundur dan saat dilepas berhenti," paparnya ketika ditemui VIVA Otomotif, Selasa 17 November 2020.

Robby mengatakan, ketika mengaktifkan gigi mundur pengendara bisa mengunci roda depan. Sehingga, skuter roda tiga ini bisa tetap stabil ketika berjalan mundur dan pengendara serta penumpangnya tidak perlu turun dari kendaraannya.

Photo :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

"Ketika mundur memang tidak bisa cepat. Sehingga, keamanan pengendara dan penumpang bisa tetap aman. Tetapi memang bisa membantu saat parkir di jalan rata, atau mungkin kondisinya sedikit menanjak," paparnya.

Baca juga: Hotman Paris ke Nikita Mirzani: Kita Ngapa-ngapain Sopir Gak Tahu.