Honda All New CBR150R Resmi Meluncur di Indonesia

All New Honda CBR150R
Sumber :
  • AHM

VIVA – Honda memanfaatkan momen awal tahun ini, dengan menghadirkan motor baru di kelas sport 150cc untuk pasar Indonesia. Kendaraan tersebut adalah All New Honda CBR150R, yang mendapat ubahan pada bagian transmisi dan suspensinya.

Presiden Direktur PT Astra Honda Motor, Keiichi Yasuda mengatakan bahwa meski mengusung desain sport, namun CBR150R sangat nyaman dikendarai. Pengendara disebut akan bisa menggunakan motor ini dengan lincah di kawasan perkotaan.

”Hanya dengan melihatnya, pengguna semakin yakin terhadap kecepatan dan kekuatan All New CBR150R. Berbagai fitur baru dan penyempurnaan di dalamnya sekaligus meningkatkan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Selasa 12 Januari 2021.

Photo :
  • AHM

Ubahan pertama yang dilakukan Honda pada CBR150R yakni mengganti suspensi depan yang tadinya teleskopik, menjadi upside down atau USD. Peredam kejut model ini dipercaya bisa memberi kestabilan lebih tinggi, serta membuat tampilan motor jadi lebih kekar layaknya motor gede atau moge.

Kemudian, pabrikan asal Jepang itu juga memasang peranti slipper clutch, yang bisa mencegah roda terkunci akibat menurunkan gigi transmisi ketika putaran mesin masih tinggi.

Fitur ini dibutuhkan oleh mereka yang gemar melakukan pengereman sesaat sebelum melalui tikungan. Tanpa komponen tersebut, roda bisa tergelincir dan berisiko membuat pengendara terjatuh.

Meski pasar motor sport di Indonesia kurang dari 10 persen dari total seluruh distribusi, namun Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman menjelaskan bahwa CBR150R terus diperbarui karena mereka ingin memberikan produk yang bisa dibanggakan oleh pemiliknya.

“Sepeda motor sport tak lepas dari dari perhatian kami sebagai produsen, termasuk hadirnya All New CBR150R yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan akan sepeda motor sport yang lincah dan performa tinggi,” tuturnya.

Fitur lain yang dipasang masih sama dengan versi sebelumnya, mulai dari lampu LED, rem anti-lock braking system hingga mesin 150cc satu silinder yang bisa menghasilkan tenaga 16,8 daya kuda serta torsi 14,4 Newton meter.