Viral Ban Motor Ojol Benjol, Terungkap Penyebabnya

Ban motor melendung
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Baru-baru ini media sosial diramaikan oleh gambar ban sepeda motor milik seorang pengendara ojek online atau ojol, yang mengalami kerusakan pada bagian tengahnya.

Dalam foto yang diunggah di laman Instagram @newdramaojol.id tersebut, tampak ban mengalami benjol di beberapa titik.

Hal ini tentu saja membuat berkendara menjadi tidak nyaman dan aman. Selain roda tidak bisa mengarah lurus, pengereman juga menjadi kurang maksimal akibat ban tidak menapak sempurna di aspal.

Kepala Bengkel Astra Honda Authorized Service Station atau AHASS Todo Stanley 7424 Depok, Stanley Sibuea saat diminta tanggapannya soal peristiwa itu, mengatakan bahwa ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

“Ada empat kemungkinan, yang pertama itu kualitas pabrik. Di dalam ban itu ada kawat, bagian itu yang putus,” ujarnya kepada VIVA Otomotif, Senin 1 Maret 2021.

Kemungkinan kedua, kata Stanley, yakni ban tersebut statusnya bekas pakai dan sudah mengalami proses vulkanisir, yakni diberi lapisan karet kembali pada bagian luarnya. Tujuannya, agar untuk mengurangi biaya pembelian ban baru.

“Kemungkinan kedua, itu ban vulkanisir. Nah lapisan karet habis itu pas bagian kawatnya,” tuturnya.

Ban yang pernah menghantam benda keras seperti trotoar atau masuk lubang, menurut Stanley juga berpontensi mengalami hal itu.

“Ban menabrak batu atau batas jalanm dan akibatnya kawat putus di dalam. Salah satu faktor karena tekanan angin ban kurang,” ungkapnya.

Penyebab terakhir, yakni ban tersebut seharusnya diganti karena ketebalan karetnya sangat tipis, tapi tetap dipaksakan untuk dipakai dengan cara diukir ulang alurnya.

“Yang pasti bentuknya jadi melendung karena kawat di dalamnya putus,” jelasnya.