Warganet Takjub Lihat Aksi Polisi Buka Jalan Ambulans

Aksi polisi bermotor membuka jalan untuk mobil ambulans.
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Untuk membantu menjalankan tugasnya, kepolisian dibekali dengan armada berbagai jenis kendaraan termasuk sepeda motor.

Mereka mendapat pelatihan khusus, supaya bisa bermanuver ketika sedang menjalankan tugasnya menjaga keamanan.

Tak jarang, polisi bermotor juga dikerahkan untuk melakukan pengawalan orang penting, seperti presiden atau pejabat negara lainnya.

Dengan keahlian tersebut, tidak mengherankan apabila petugas bisa meliuk di antara deretan mobil yang jaraknya berdekatan. Hal ini dilakukan, dengan mengendarai motor yang berbodi bongsor dan memiliki performa tinggi.

Salah satu contohnya, seperti yang ada dalam sebuah tayangan video. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @polantasindonesia, Minggu 16 Mei 2021, seorang polisi tampak melaju di jalan tol yang dipenuhi kendaraan.

Menurut keterangan gambar, petugas saat itu sedang berusaha membuka jalan untuk mobil ambulans yang sedang mengarah ke Bandung, Jawa Barat.

Mobil tersebut terjebak kemacetan di jalan tol Jakarta Outer Ring Road atau JORR, yakni di sekitar Pasar Minggu yang mengarah ke Jati Asih, Bekasi.

“Kondisi jalanan saat itu padat merayap di tol lingkar luar meskipun sudah menggunakan ambulance, namun tiba tiba muncul provost polisi dengan motor GS1200 mengawal kami,” tulis pemilik akun yang menuturkan kisah dari penumpang mobil.

Dengan lihai petugas mengarahkan motor gede atau mogenya ke kiri dan kanan, meminta kendaraan memberi ruang supaya ambulans bisa lewat.

Yang menarik perhatian warganet, yakni saat ia memberi isyarat pada mobil dengan menggunakan tangan kanan. Petugas tersebut melakukannya, sembari tangan kiri memegang tuas gas yang ada di kanan.

“Waktu ngasih jempol ke pengendara sebalah kanan, tangan kiri nya megang gas nya GG juga naik montor nya,” kata warganet.

“Asli keren...rider nya jago..ngegas pake tangan kiri,” tutur warganet lainnya.