Begini Risiko Pinjam Motor Orang, Bingung Isi Bensinnya

Pemotor kebingungan mencari tutup tangki bensin.
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Seiring perkembangan zaman, teknologi yang disematkan pada sepeda motor juga ikut menjadi canggih. Salah satu contohnya, pada era 1990 ada beberapa model yang sudah dibekali dengan starter elektrik.

Pengapian busi juga diatur oleh komputer, sehingga tenaga yang dihasilkan menjadi lebih optimal dan rendah emisi gas buang.

Berbagai peranti keselamatan pun kini sudah banyak tersedia di model baru, seperti anti-lock braking system atau ABS dan kontrol traksi.

Teknologi lain yang juga hadir pada era 2000-an, yakni sistem penyimpanan bahan bakar di mana lokasi tangki bensin tidak selalu berada di bawah jok.

Contohnya motor Kawasaki ZX130, kendaraan beroda dua yang mendapat julukan Baby Ninja ini pertama kali hadir di Indonesia pada 2005 dan mengusung banyak terobosan baru.

Model ini dibekali mesin satu silinder berkapasitas 130cc, yang tenaganya sedikit di atas rata-rata motor bebek zaman itu. Keunikan lain dari ZX130, adalah dipasangnya penunjuk putaran mesin di panel instrumen.

Posisi penyimpanan tangki bensin motor ini juga berbeda dari motor bebek pada umumnya, yakni di bagian depan. Akses ke lubang tangki berada di depan, dekat dudukan pelat nomor.

Hal itu yang sering membuat orang bingung, saat hendak mengisi bensin. Seperti yang dialami pria yang baru-baru ini viral di media sosial.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Facebook Bekakas, Rabu 30 Juni 2021, dalam tayangan video terlihat seorang pria kebingungan saat hendak mencari lubang pengisian motor yang ia pinjam.

Dengan logat Sunda yang kental, ia meminta bantuan seseorang mencari lokasi tutup bensin. Hampir semua bagian diperiksa, mulai dari mesin hingga bawah jok.

“ZX130 Ane baru aja jual ini motor. Diliatin orang mulu pas isi bensin,” tulis warganet.