Honda CS1, Motor Unik yang Pernah Bikin Kaum Muda Tergila-gila

Honda CS1.
Sumber :
  • Foto: Dok AHM.

VIVA – PT Astra Honda Motor atau AHM kerap meluncurkan kendaraan bertampang unik di Indonesia, salah satunya Honda City Sport atau CS1. Kala itu, tepatnya 13 tahun lalu, kuda besi tersebut sempat diminati konsumen dari kalangan muda.

Secara tampilan, Honda CS1 memang berbeda dibandingkan sepeda motor pada umumnya. Keruan saja, kendaraan tersebut menggabungkan dua model menjadi kesatuan yang utuh, yakni sport di bagian depan dan bebek di bagian belakang.

Popularitas Honda CS1 ditandai dengan penghargaan Rookie of the Year atau motor pendatang baru terbaik 2008 dari salah satu media otomotif nasional. Bahkan, saat pertama kali diluncurkan di Jakarta Motorcycle Show (JMCS 2008) banyak kalangan penasaran dengan produk tersebut.

Salah satu bagian paling ikonik dari Honda CS1 adalah bagian moncongnya yang runcing dan leher yang terbilang gemuk.  Sementara ekornya mengadopsi milik bebek balap yang sering kita jumpai di Honda Supra GTR atau Yamaha MX-King.

Namun, hal mengecewakan dari ‘motor dua kelamin’ tersebut ialah bagian penghubung antara kepala dan ekor yang terlihat kurang pas atau cocok. Ada aksen cembung di titik tengah yang membuar CS1 terlihat wagu. Setidaknya hal itu yang kerap dikeluhkan para penggemar motor di Tanah Air.

Pemilik diler Tirta Motor di kawasan Bekasi Barat, Dul Ahmadi mengatakan, meski baru berhenti produksi pada 2013 lalu, namun menemukan unit CS1 sama sulitnya seperti kendaraan berstatus lawas. Hampir tak ada orang yang mencari atau menjualnya lagi. Sementara soal harga, kata dia, mungkin sekira Rp4-5 jutaan.

“Saya kira anak sekarang juga gak banyak tahu CS1. Motor itu menurut saya kayak (Kawasaki) Athelete, padahal belum lama-lama banget tapi susah nyarinya. Jadi biasanya cari-cari aja di situ (lapak online), mungkin paling mahal Rp5 jutaan,” kata dia kepada VIVA Otomotif, dikutip Jumat 24 September 2021.

Performanya Honda CS1 Cukup Baik

Kendati Honda CS1 mendapat kritikan soal tampilan, sesungguhnya performa motor tersebut boleh dibilang lumayan. Dilansir dari berbagai literasi dan sumber lain, banyak yang menyebut CS1 tetap nyaman dikendarai saat menikung pada kecepatan tinggi. Selain itu, getaran motor tak begitu terasa saat melalui jalanan bergelombang.

Soal dapur pacu, Honda CS1 menganut mesin berkapasitas 124,7cc SOHC dengan muntahan tenaga maksimum 12,8 PS dan torsi puncak 10,9 Nm. Pembekalan tersebut disandingkan dengan transmisi transmisi manual lima-percepatan.