Deretan Motor Paspampres yang Kawal Jokowi, Harganya Bikin Kaget

Ilustrasi pengawalan oleh Paspampres
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/ Abror Rizki

VIVA – Sebagai kepala negara, Presiden Joko Widodo akan mendapatkan penjagaan dan pengamanan yang super ketat. Tak heran, jika rombongan Jokowi di jalan raya mendapat banyak kawalan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Biasanya Paspampres ada yang menggunakan sepeda motor juga dalam bertugas. Mereka menjaga Mobil Mercedes-Benz S600 Pullman Guard yang dimiliki oleh RI 1.

Motor yang digunakan oleh Paspampres pun beragam, ada yang memakai Yamaha FZ1. Motor besar bergaya street fighter dengan warna serba hitam itu adalah buatan tahun 2012.

Paspampres yang menunggangi Yamaha FZ1 tersebut juga menggunakan pakaian hitam, lengkap dengan senjata. Selain mengawal presiden, moge tersebut juga digunakan untuk mengiringi perjalanan wakil presiden, hingga tamu negara.

Untuk spesifikasi, kabarnya berbeda dengan motor setipe yang dijual oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebagai agen pemegang mereknya untuk masyarakat umum. Yamaha FZ1 dipesan khusus di Jepang.

Yamaha FZ1 Fazer.

Photo :
  • zombiedrive

FZ1 tersebut pertama kali diproduksi pada 2006 dibanderol dengan harga 10,290 dolar Amerika atau setara Rp130 jutaan. Didukung mesin empat silinder DOHC berkapasitas 998cc dengan 20 valve berpendingin cairan.

Tenaga yang dapat disemburkan mencapai 150 daya kuda, dan torsi 89,1 Newton meter. Disalurkan melalui transmisi manual kopling 6-percepatan, yang dapat melesat hingga 248 kilometer per jam.

Pada bagian kaki-kaki mengandalkan suspensi depan Kayaba model upside down, dengan diameter 43 mili meter, dan bagian belakang mono shock. Pengereman depan belakang disk brake, dan ukuran velgnya 17 inci.

Selain itu, motor terbaru yang kerap hadir saat Presiden Jokowi melintas di jalan raya adalah BMW K 1600 B. Motor bergaya bagger itu merupakan tunggangan Korlantas yang dipesan sebanyak 50 unit oleh BMW Motorrad Indonesia.

Harganya pada 2018 lalu Rp975 juta off the road, yang digunakan untuk pengawalan tamu negara, dan atlet saat ajang Asian Games di Indonesia. Menggendong meesin enam silinder berkapasitas 1.649cc bertenaga 160 dk, dan torsi 175 Nm.

Kemudian masih ada Honda Gold Wing GL1800 yang digunakan Polisi Militer saat mengawal Jokowi dibarisan paling depan. Moge tersebut harganya selangit, yakni mencapai Rp1 miliaran yang dipersenjatai mesin 1.832cc enam silinder.