Melihat dari Dekat 4 Motor Gahar Besutan Piaggio, Hati-hati Kepincut

4 Motor Baru Piaggio. Foto: Farhan/VIVA.co.id
Sumber :
  • Farhan/VIVA.co.id

VIVA – Baru-baru ini, PT Piaggio Indonesia atau PTPI resmi meluncurkan empat produk baru secara berdekatan, yakni Aprilia RS 660, Aprilia Tuono 660, Moto Guzzi V7 Stone dan Moto Guzzi v85 TT Travel. Namun, saat itu, peluncuran kendaraan hanya dilakukan secara virtual melalui sambungan video.

Setelah berhari-hari menahan rasa penasaran, akhirnya redaksi VIVA Otomotif berkesempatan melihat langsung empat motor tersebut di bilangan Jakarta Selatan. Menariknya, tampilan kendaraan justru lebih gahar dan memikat mata saat disaksikan dari dekat.

Berikut kami sajikan jepretan gambar dan spek singkat mengenai empat kuda besi baru tersebut.

Aprilia RS 660

Kendaraan ini didesain, dirancang, dan diproduksi secara inovatif langsung dari Noale, Italia. Pabrikan membekalinya dengan teknologi canggih bernama APRC atau Aprilia Performance Ride Control yang berisikan sejumlah fitur elektronik.

Meski berasal dari keluarga sport, namun tunggangan ini mengusung desain unik yang tak banyak ditemukan di produk lainnya. Karuan saja, fairing atau sayapnya dibuat setengah mematah dengan tebeng bawah yang dirancang rendah.

Aprilia RS 660 menggunakan mesin parallel twin DOHC dengan muntahan tenaga 100 daya kuda dan torsi puncak 66,4 Nm. Pembekalan tersebut disandingkan dengan transmisi manual 6 percepatan. Sementara untuk banderol, pabrikan menjualnya Rp650 juta, on the road Jakarta.

Aprilia Tuono 660

Sebenarnya, motor ini merupakan produk kembar dari Aprilia RS660. Bahkan, mesin dan rangkanya pun serupa. Hanya saja, pada Tuono 660, pabrikan menambahkan kesan ‘touring’ pada kendaraan melalui jarak tapak yang tinggi dan fairing yang dirancang lebih terbuka.

PT Piaggio Indonesia sendiri menyebut motor ini sebagai kendaraan ‘sport touring’. Meski menjadi kembaran RS660, namun ada beberapa fitur yang hilang di Tuono 660. Hanya saja, teknologi seperti Aprilia Traction Control, Aprilia Wheelie Control, dan Aprilia Cruise Control, dan Aprilia Engine Map masih bisa ditemukan.

Konsumen yang ingin membeli kendaraan ini harus menyediakan mahar Rp630 juta, on the road Jakarta.

Moto Guzzi V7 Stone

Kendaraan yang diproduksi di Mandello, Italia tersebut mengusung tampilan yang serba hitam, mulai dari eksterior hingga mesin kendaraan. Selain itu, Moto Guzzi V7 juga memiliki ciri khas penempatan mesin V pada sudut 90 derajat yang sudah melegenda.

Tunggangan yang dibekali mesin Transversal 90 derajat V-twin berkapasitas 853cc ini dibanderol Rp553 juta, on the road Jakarta.

Moto Guzzi v85 TT Travel

Kendaraan ini merupakan versi pengembangan dari v85 TT yang statusnya merupakan motor petualang. Sebagai motor dengan tipe maxi enduro, tunggangan ini didesain untuk bisa mengarungi berbagai medan.

Moto Guzzi v85 TT Travel menggunakan mesin yang sama dengan V7 Stone namun dengan peningkatan sedikit tenaga. Konsumen yang hendak membelinya harus menyediakan mahar Rp700 juta, on the road Jakarta.