Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Banyak yang Keliru, Motor Royal Enfield Buatan Inggris atau India?

Senin, 27 September 2021 | 16:05 WIB
Foto :
  • Rushlane.
Ilustrasi pabrik Royal Enfield. Foto: Rushlane.

VIVA – Meski sudah lama berada di Indonesia, namun masih ada kalangan yang belum mengenal Royal Enfield. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang bertanya-tanya, dari mana gerangan merek tersebut berasal?

Saat ini, masyarakat Indonesia kebanyakan percaya, Royal Enfield merupakan merek asli India. Namun, sebagian menduga, jenama besar tersebut sejatinya berasal dari Inggris. Lantas, mana dari keduanya yang sesungguhnya benar?

Baca Juga

Menurut sejumlah catatan literasi dan laman resmi pabrikan, dikutip VIVA Otomotif, Senin 27 September 2021, Petualangan Royal Enfield di pasar roda dua dunia bermula setelah pada tahun 1901, Bob Walker Smith dan sahabatnya dari Prancis, Jules Gotiet meluncurkan sepeda motor bertenaga kecil di London, Inggris.

Delapan tahun setelahnya, mereka melakukan penyempurnaan dengan membangun V-twin pertama untuk kendaraan roda dua. Semuanya berjalan baik setelah pabrikan menerima banyak permintaan dari pasar global.

Namun, sialnya, ketika permintaan sedang bagus-bagusnya, manufaktur Royal Enfield yang berlokasi di Redditch, Inggris, harus mengalami kebakaran hebat. Pabrik seluas 18 hektare itu hangus dan rata menjadi tanah bersama seluruh mesin serta hasil produksi di dalamnya.

Meski demikian, Royal Enfield tak menyerah begitu saja, mereka kembali membangun pabrik dan memproduksi beberapa model baru. Salah satunya produk legendaris bernama Bullet, yang menjadi tulang punggung pabrikan selama satu dekade di periode 1930-an.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler