Ini Spek YZR-M1 Fabio Quartararo si Juara Dunia MotoGP 2021

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo.
Sumber :
  • Instagram/@yamahamotogp

VIVA –  Fabio Quartararo resmi menjadi juara dunia MotoGP 2021 usai posisinya kokoh di puncak klasemen. Pembalap Monster Yamaha itu mengunci gelar juara pada seri MotoGP Emilia Romagna, Minggu 24 Oktober 2021.

Berlangsung di Sirkuit Misano, Quartararo mengakhiri balapan di peringkat keempat. Capaian itu membuat posisinya tetap aman hingga akhir musim karena sudah mengemas 267 poin.

Posisinya sudah tak bisa dikejar oleh Francesco Bagnia yang jadi pesaing terdekat, usai mengalami crash. Dengan menyisakan dua seri lagi, Quartararo pun keluar sebagai juara dunia.

"Saya masih tidak percaya. Saya bahkan tak bisa berkata-kata, rasanya luar biasa," kata Quartararo usai balapan, dilansir situs resmi MotoGP.

Quartararo menjadi pembalap Prancis pertama yang menjadi juara dunia MotoGP. "Saat ini, saya menjalankan mimpi saya, dan rasanya menyenangkan," tambahnya.

Keberhasilan Quartararo tak lepas dari motor Yamaha YZR-M1 tunggangannya. YZR-M1 model 2021 miliknya memang memiliki spesifikasi yang cukup gahar untuk di lintasan balap. Motornya menggunakan sasis aluminium twin tube dengan Deltabox.

Kaki-kaki, ada suspensi teleskopik yang sudah upside down besutan Ohlins. Sementara belakang juga menggunakan suspensi mono yang sama dari Ohlins. Lebih lanjut di bawahnya ada velg palang 6 ukuran 17 inci berbahan magnesium yang diselimuti ban slick atau wet dari Michelin.

Sistem pengereman pakai dua cakram berbahan karbon dengan kaliper besar bermodel floating dari Brembo jadi penghenti laju di depan. Sementara di belakang menggunakan cakram tunggal dengan kaliper 4-piston dari Brembo juga.

Pembalap Monster Yamaha, Fabio Quartararo

Photo :
  • twitter.com/YamahaMotoGP

Dapur pacunya dijejali mesin berkubikasi 1.000 cc berpendingin cairan empat silinder DOHC 16 katup. Di mana, mampu hasilkan tenaga hingga di atas 240 dk dan dipasangkan pada transmisi manual 6-percepatan.

Spesifikasi Yamaha YZR-M1 MotoGP 2021

Rangka: Aluminium dengan Delta Box
Kapasitas Mesin: 1.000 cc
Tipe Mesin: Pendingin cairan empat silinder
Tenaga: 240 dk
Transmisi: Manual 6 percepatan
Suspensi Depan: Ohlins
Suspensi Belakang: Ohlins
ECU: Magneti Marelli
Velg Depan: Palang 6 Magnesium
Velg belakang: Palang 6 Magnesium
Ban Depan: Michelin ring 17
Ban Belakang: Michelin ring 17
Rem Depan: Dual cakram 320/340 mm empat kaliper
Rem Belakang: Single cakram dual kaliper
Bobot: 157 kg (sesuai regulasi FIM).