Teknisi AHM Urai Tips Aman Servis Motor di Bengkel Resmi

Bengkel AHASS. Foto: Doc. DAM.
Sumber :
  • DAM.

VIVA – Kabar kurang sedap tengah menerpa bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station, atau biasa dikenal dengan sebutan AHASS.

Seorang warganet yang mengaku pernah ikut pelatihan di bengkel AHASS bercerita di media sosial, banyak teknisi setempat yang mencoba mencari keuntungan dengan cara tak bijak. Misalnya, mengurangi jatah pelumas atau oli dan mengganti komponen motor yang sebenarnya masih bagus.

Techinal Service Division PT Astra Honda Motor atau AHM, Endro Sutarno menyanggah kabar yang menyebut ada praktik curang di bengkel AHASS yang merugikan konsumen. Sebab, kata dia, seluruh pengerjaannya transparan dan bisa dipantau langsung pemilik kendaraan.

Meski kabar tersebut telah disanggah Honda Motor, namun masih ada sebagian pihak yang mungkin khawatir membawa kendaraannya ke AHASS. Lantas, bagaimana cara agar kecurigaan tersebut tak terjadi?

Bengkel resmi AHASS Honda Motor

Photo :
  • honda motor

Endro mengatakan, sebelum memperbaiki kendaraan di bengkel resmi Honda, konsultasikan dulu masalahnya kepada mekanik setempat. Misalnya, kompenen apa yang harus diganti dan berapa biaya pergantiannya. Seluruhnya, kata dia, harus melalui persetujuan kedua belah pihak.

“Tipsnya ketika konsumen ingin melakukan servis, maka dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan mekanik sebelum dilakukan perbaikan atau pergantian parts, sehingga diperoleh persetujuan dari kedua belah pihak sebelum service dilakukan,” ujar Endro kepada VIVA Otomotif, dikutip Senin 25 Oktober 2021.

Sebagai konsumen, lanjutnya, pemilik kendaraan juga harus memperhatikan kondisi dan waktu servis sepeda motor untuk meminimalisir kerusakan yang semakin parah akibat terlambat servis.

“Selain itu, konsumen dapat mempelajari lebih lanjut buku pedoman servis yang telah diberikan ketika pembelian unit,” tuturnya.

Lebih jauh, dia menambahkan, seluruh aktivitas pergantian ataupun servis di AHASS dilakukan secara transparan. Sehingga, pengerjaannya dapat dipantau langsung oleh konsumen di lokasi.

“Setelah seluruh prosesnya selesai, konsumen akan diberikan nota rincian servis dan pergantian komponen secara rinci, serta sisa pelumas atau parts yang sudah tidak terpakai,” kata Endro.