Tiga Motor Beda Kelas Touring Keliling Indonesia

Touring komunitas motor M8 Nusantara keliling Indonesia.
Sumber :
  • Dok: M8 Nusantara

VIVA – Indonesia memiliki banyak pesona alam yang sangat indah, yang bisa dinikmati dengan mengendarai sepeda motor. Seperti yang dilakukan oleh M8 Nusantara.

Komunitas tersebut memulai perjalanan pada Agustus lalu, dengan target mengunjungi Sabang hingga Merauke dengan tema Identitas Indonesia. Selain menunjukkan keindahan alam, mereka juga merekam budaya, adat istiadat, keberagaman suku-suku yang ada.

Mereka membagi perjalan menjadi lima tahap. Etape pertama telah sukses dilakukan pada Agustus hingga Oktober 2021. Rutenya melintasi Jawa - Bali - Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Misi tersebut telah diselesaikan dengan baik. Tercatat ada pulau, jarak 6.100 kilometer, 275 tempat, serta lebih dari 100 wawancara dan 39 suku telah berhasil didokumentasikan.

Anggota komunitasnya yakni Vincent Soetedja yang menggunakan Triumph Tiger 900 Rally, sang istri Efi Juwita mengendarai Ducati Scrambler Icon 800, serta ditemani Harun Hefli dan Patricia Jesslin yang sama-sama memakai Yamaha MT-25.

Touring komunitas motor M8 Nusantara keliling Indonesia.

Photo :
  • Dok: M8 Nusantara

Sepanjang perjalanan, mereka melihat perubahan tradisi lintas generasi, sesuai dengan tuntutan zaman, dengan tetap berpegang pada kearifan lokal.

Semua itu dijalani bukan tanpa hambatan. Setiap pekan, masing-masing anggota harus tes antigen supaya terhindar dari wabah virus. Saat tiba di NTT, mereka juga bisa melihat jejak amukan badai Seroja yang menerjang pada April lalu.

Vincent mengatakan, perjalanan touring ini dilakukan secara mandiri sehingga tidak ada mobil servis yang ikut dan biasa diandalkan saat menemui kerusakan pada kendaraan.

“Kami telah dibekali pengetahuan tentang cara riding, cara memperbaiki masalah di motor, hingga membawa spare parts yang dianggap perlu,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Selasa 26 Oktober 2021.

Mulai hari ini mereka menjalani etape dua menyusuri Pulau Sulawesi. Daerah yang akan dikunjungi mulai dari Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Utara. Seluruh proses perjalanan bisa disaksikan melalui laman YouTube dan Instagram.