Motor Canggih Buatan Indonesia Diminati Banyak Negara

Motor Listrik Gesits.
Sumber :
  • Antara.

VIVA – Sejak pertama diluncurkan di pameran Indonesia International Motor Show 2019, motor listrik Gesits belum banyak ditemukan di jalan raya. Namun, menurut keterangan produsen, kendaraan tersebut sudah terjual ribuan unit di Tanah Air.

Bukan hanya di Indonesia, motor yang diklaim sebagai karya anak bangsa itu juga dipasarkan di Senegal dengan status completely knock down atau CKD. Sementara pengiriman pertamanya sendiri sudah dimulai sejak beberapa hari lalu.

Direktur Utama (Dirut) PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) selaku produsen motor Gesits di Indonesia, Samyarto mengatakan, permintaan di Senegal tercatat mencapai 200 unit, sementara yang dikirim baru 32 kendaraan.

"Sebenarnya Senegal itu sudah ada demand 200 unit. Cuma kita kemarin baru mengirim 32 unit karena kita akan coba juga di sana, karena kan sistemnya juga di sana CKD, jadi kita akan kirim orang di sana untuk assembling juga. Jadi bertahap," ujar Samyarto, dikutip VIVA Otomotif dari Antara, Kamis 28 Oktober 2021.

Photo :
  • Dok: WIMA

Ekspor perdana motor listrik Gesits.

Lebih jauh, Samyarto memastikan akan terus berupaya memperluas pemasaran Gesits di pasar global. Bukan hanya di Senegal, melainkan juga di negara-negara lainnya.

Hingga kini, kata dia, sudah ada sejumlah negara yang berminat memboyong kendaraan listrik tersebut. Bahkan, sudah ada beberapa yang menjalin komunikasi dengan PT WIMA untuk memboyong unitnya.