Kopling Bermasalah, Harley Davidson Tarik 46 Ribu Motor

Sumber :
  • Dok: Harley-Davidson

VIVA.co.id - Setiap penggemar motor besar (moge) pasti mengetahui bahwa Harley-Davidson (HD) adalah salah satu pembuat sepeda motor terbaik di dunia. Perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat ini memang sudah lama terjun dalam bidang produksi motor berkapasitas mesin besar.

Namun seperti kebanyakan produsen otomotif lain, HD juga tidak luput dari kasus cacat produksi. Dilansir dari Jalopnik, Senin 27 April 2015, proses penarikan besar-besaran kembali dilakukan HD, setelah mereka menemukan adanya kerusakan pada bagian transmisi.

Adapun jenis motor yang terkena proses recall yakni, HD jenis Electra Glide Ultra Classic, Ultra Classic - Twin Cooled, Ultra Limited, Police Electra Glide, Street Glide, Street Glide Special, dan CVO Street Glide, yang dibuat pada 2014.

Sementara itu, beberapa motor produksi 2015 juga mengalami kasus yang sama, yakni Electra Glide Ultra Classic Low, Ultra Limited Low, Ultra Classic Low - Twin Cooled, Road Glide Special, dan Road Glide. Total jumlah motor yang ditarik kembali berjumlah sekitar 46 ribu unit.

Penarikan ini berawal dari rusaknya sistem kopling motor, sehingga pengendara tidak bisa memindah gigi transmisi dengan mulus. Bahkan, ada beberapa motor yang hilang kendali akibat rusaknya sistem ini, hingga memicu kecelakaan.

Setidaknya ada 27 kasus kecelakaan yang terjadi akibat masalah kopling HD, dan empat orang pengendara dikabarkan mengalami luka-luka yang untungnya tidak serius. (ase)