Alasan Yamaha MT-03 Tak Dijual di Indonesia

Yamaha MT-03
Sumber :
  • motorbeam

VIVA.co.id - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memang dikenal sebagai salah satu perusahaan sepeda motor asal Jepang yang melakukan proses produksi di Tanah Air.

Tentunya, dengan produksi di Indonesia, motor yang dibuat juga sengaja untuk dipasarkan secara domestik.

Dari sekian banyak produk Yamaha buatan Indonesia, ada juga yang tidak dijual di pasar nasional, salah satunya adalah motor sport Yamaha R3.

Kabar terbaru, Yamaha Indonesia juga siap membuat versi naked dari R3 yang disebut MT-03. Tetapi, lagi-lagi sama seperti R3, MT-03 rupanya juga tidak akan dijual di Indonesia.

Bahkan, menurut media online India, MT-03 akan diresmikan peluncurannya di negeri Hindustan pada acara otomotif tahunan, Auto Expo 2016 yang digelar di New Delhi. Padahal sebelumnya, Yamaha Indonesia merencanakan bahwa Eropa bakal menjadi negara pertama yang mencicipi motor ini.

Menanggapi hal tersebut, Asisstant General Manager (GM) PT YIMM, Mohamad Masykur, ikut langsung angkat bicara. Menurut dia, peluncuran Yamaha MT-03 di negeri Bollywood merupakan bagian dari strategi Yamaha.

“Kalau untuk Indonesia, kita MT-25 saja, MT-03 untuk ekspor. MT-03 tidak dijual di Indonesia, sama seperti kompetitor (Ninja 300) juga tidak,” kata Masykur saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu, 12 Desember 2015.

Tidak hanya itu, alasan Yamaha tidak menjualnya di pasar Indonesia tak lain karena terbentur dengan Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah untuk sepeda motor di atas 250 cc yang mencapai 60 persen.

Alhasil, kata Masykur, harga dengan kapasitas mesin naik 50 cc bisa lebih mahal hingga mencapai Rp30 juta dibandingkan dengan mesin berkapasitas 250cc.

Oleh karena itu, kata Masykur, jika dilihat dari sisi ekonomis konsumen, jika harga motor Rp30 juta lebih mahal, mereka lebih memilih untuk menyematkan sejumlah aksesori dari aftermarket.

“Karena aturan pemerintah, ada juga kan kompetitor yang jual motor dengan mesin 300cc tapi tidak terlalu laku. Bahkan beli motor tersebut bisa dikasih helm Nolan,” tuturnya. (ase)