Helm Ini Cocok bagi yang Malas Pasang Tali Pengikat

Helm Vozz.
Sumber :
  • Dok: Vozz

VIVA.co.id - Budaya tertib lalu lintas salah satunya ditunjukkan dengan memakai helm. Sayangnya, meski kini sudah banyak yang taat aturan, namun ada saja beberapa pengendara motor yang mengenakan helm seadanya.

Mereka kerap malas memasang tali pengikat helm, dengan alasan merasa kurang nyaman. Padahal, tali ini fungsinya sangat penting, yaitu mencegah helm terlepas saat pengendara terjatuh.

Dilansir dari Autoevolution, Kamis 17 Desember 2015, sebuah perusahaan pembuat helm asal Australia, Vozz, merancang model helm baru, RS 1.0, yang diklaim pertama di dunia.

Berbeda dengan helm pada umumnya, RS 1.0 didesain untuk bisa terbuka pada bagian bawahnya. Ada engsel khusus yang dipasang pada bagian atas helm.

Mekanismenya mirip dengan helm jenis modular, yang bagian dagunya bisa membuka ke atas. Cara pemakaian RS 1.0 cukup mudah, pengendara hanya perlu membuka helm, lalu memasang di kepala mereka dan kemudian menutupnya.

Berkat sistem ini, pengendara tidak lagi butuh tali pengikat helm. Bagian dagu bisa dibuat tertutup, sehingga lebih nyaman dan minim suara bising.

Helm ini akan mulai dijual pekan depan melalui situs resmi mereka, dengan kisaran harga US$900, atau setara dengan Rp12,6 juta. (art)