Senjata TVS Indonesia Hadapi Motor Jepang

TVS Akula konsep di ajang IMOS 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id – Ketatnya persaingan pasar roda dua antara produsen-produsen Jepang, tak membuat pabrikan asal India, TVS Motor gentar. Sebaliknya produsen yang memiliki pabrik di Karawang itu tetap optimistis untuk mampu meramaikan persaingan pasar otomotif Tanah Air.

Bahkan, Marketing Manager PT TVS Motor Company Indonesia Rizal Rizkiawan Tandju menyatakan, kedatangan merek Jepang yang terus menghadirkan model-model motor gede (moge) ke Indonesia bukanlah bentuk ancaman bagi TVS.

TVS memiliki strategi sendiri yang dianggap mampu menarik konsumen dengan melakukan strategi jemput bola. Misalnya saja seperti melakukan terobosan terbaru dengan meluncurkan produk premium agar lebih bisa menarik perhatian masyarakat.

"Jadi, istilah premium seperti itu, bukan premium berarti mahal ya, jadi kita misalkan diferensiasi produk yang berbeda. Dengan cara seperti itu, kita berharap bahwa bisa mengangkat image TVS termasuk di produk value segmen," kata Rizal di IMOS 2016, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

Selain itu, lanjut Rizal, TVS juga memiliki strategi untuk menawarkan kualitas yang sama dengan produk Jepang, namun perbedaannya terletak pada harga yang lebih terjangkau. "Jadi, kalau kita perhatikan bahwa TVS selalu menempatkan produk yang tidak jauh beda, tetapi dengan harga terjangkau. Seperti Apache 200 misalnya, itu 200cc," ujarnya.

Dengan begitu, Rizal menuturkan, kehadiran moge merek Jepang tak akan memakan pasar TVS, demikian juga sebaliknya.