Yamaha Menyingkir, Honda Tetap Setia Pasarkan Motor 110cc

New Honda BeAT Street eSP
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mulai meninggalkan mesin skutik 110cc yang selama ini digunakan di berbagai model andalannya. Alasannya, mesin yang terbilang kecil kurang diminati pasar di Tanah Air.

Sejak muncul generasi mesin 125cc Blue Core yang disematkan pada Mio M3, skutik-skutik Yamaha lainnya mengikuti. Terakhir, pabrikan itu mengganti kapasitas mesin pada skutik off-road X-Ride dengan kapasitas mesin 125cc.

Berbeda dengan kompetitornya, Honda masih tetap setia menggunakan mesin 110cc untuk beberapa model miliknya. Lalu apa alasan Honda tetap mempertahankan mesin 110cc untuk motornya?

General Manager Technical Servis Division Astra Honda Motor Wedijanto Widarso menjelaskan, alasan utama pihaknya masih mempertahankan mesin tersebut adalah adanya permintaan dari konsumen.

“Masih banyak konsumen yang meminta motor dengan kapasitas 110cc, jadi kami tetap mempertahankannya. Selain itu motor dengan mesin tersebut juga lebih efisien," kata Wedijanto di Sunter, Jakarta Utara.

Wedijanto juga mengatakan, Beat hingga saat ini merupakan salah satu model dengan penjualan terbaik untuk Honda di Indonesia. Hal itu membuktikan mesin 110cc masih diminati konsumen Tanah air.

"Beat itu kan permintaan tinggi. Masih menggunakan mesin 110 itu Revo, Scoopy, Vario juga kami sediakan. Tapi trennya sudah berubah, konsumennya lebih mengejar tenaga." (mus)