Gemar Oprek Kendaraan, Penting Baca Ini

Perkakas untuk utak-atik kendaraan.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Waktu luang kerap digunakan para pencinta dunia otomotif untuk mengutak-atik kendaraan kesayangan. Mulai dari memasang aksesori, servis ringan atau sekadar pengecekan.

Untuk bisa melakukan itu, kualitas perkakas atau tool kit sangat penting. Salah memilih perkakas, maka dipastikan komponen kendaraan sukar untuk dibongkar.

Marketing Tekiro Indonesia Suhendi mengatakan, cara mengecek perkakas yang bagus adalah dengan mengukur jarak longgar (gap) antara kunci pas dengan baut.

Jika jaraknya terlalu renggang, berarti kualitas perkakas patut dipertanyakan. Kata dia, kalau diameter kunci longgar, sudut mur atau baut akan termakan ujung-ujungnya.

"Untuk presisi, toleransinya 0,5 sampai 0,1 milimeter. Lebih dari itu akan kami tolak barang tersebut," ujarnya di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa malam, 20 Maret 2018.

Selain itu, perkakas yang berkualitas enggak mudah berkarat dan patah. Biasanya, perkakas yang harganya murah lebih banyak mengandung bahan besi ketimbang chrome vanadium. Sayangnya, tidak ada cara mudah untuk mengetahuinya.

"Kita harus tahu dahulu bahan dari kunci itu. Banyak sekali perkakas yang ditawarkan dengan harga murah. Chrome vanadium itu penting untuk torsi," tuturnya.