Pemilik Mobil Mazda Wajib Tahu yang Satu Ini

Stan Mazda di IIMS 2018
Sumber :
  • Dok: Mazda

VIVA – Berbeda dengan kendaraan listrik, mobil atau sepeda motor yang masih menggunakan mesin konvensional memerlukan perawatan secara berkala. Hal itu wajib dilakukan, agar performanya tetap optimal.

Salah satu komponen yang memerlukan pergantian secara berkala adalah oli atau pelumas mesin. Fungsinya adalah untuk melumasi komponen mesin, agar dapat bergerak lancar tanpa gesekan yang berarti.

Setelah digunakan selama beberapa waktu, oli akan mengalami penurunan kualitas. Alhasil, perlu diganti dengan yang baru dan masih bersih.

Oli tersedia dalam beberapa spesifikasi. Perbedaannya adalah kemampuannya melumasi kendaraan, sesuai dengan tipe mesin yang digunakan. Artinya, pemilik mobil tidak bisa memakai sembarang oli.

Direktur PT Surga Mobil Indonesia sebagai pemilik bengkel Mobeng, Wing Wiryadi Joe mengatakan, masih banyak pemilik mobil yang salah dalam memilih pelumas.

“Contohnya, semua mobil Mazda harusnya memakai oli dengan spesifikasi 0W20. Tapi, banyak yang pakai 5W30,” ujarnya di Jakarta, Senin 3 Desember 2018.

Jika kesalahan itu terus dilakukan, kata Wing, maka berpotensi membuat performa kendaraan menurun dan tidak sesuai lagi dengan harapan pengguna.

“Bensin jadinya boros dan tarikannya berat. Kerak yang menempel di dinding mesin jadi banyak,” tuturnya.

Itu sebabnya, Wing mengaku bahwa bengkelnya selalu memberi informasi yang benar kepada semua pelanggannya.

“Kalau kami di mobeng, kami akan menyarankan. Tapi, enggak berhak memaksa,” ungkapnya.