Begini Cara Aman Hadapi Jalan Menurun Pakai Skuter Matik

Ilustrasi pengendara sepeda motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA – Skuter matik adalah tipe sepeda motor yang tidak menggunakan operan gigi secara manual. Motor ini jadi favorit, karena mudah dalam hal pengoperasian.

Meski demikian, bukan berarti skutik bebas masalah. Karena menggunakan transmisi otomatis, maka pengendara bakal kesusahan saat menghadapi jalan menurun. Sebab, tidak ada tahanan dari mesin (engine brake) yang biasa didapatkan pada motor bertransmisi manual.

Oleh sebab itu, pengendara skutik harus menguasai cara menghadapi jalan menurun. Berikut ini beberapa tipsnya, seperti dilansir dari laman Suzuki, Jumat 8 Februari 2019:

Pertama, posisikan empat jari di masing-masing tuas rem. Ini dilakukan, agar tarikan tuas lebih bertenaga, sehingga pengereman bisa lebih maksimal.

Saat melakukan pengereman, pastikan rem depan menjadi prioritas. Usahakan untuk menarik tuas rem depan lebih keras dibandingkan rem belakang. Karena, rem depan bisa menahan daya dorong motor ke depan, yang memang lebih besar akibat perubahan titik bobot.

Jangan lepas tuas rem sebelum lewati jalan turunan. Terkadang, banyak pengendara yang tak sabar dan melepas tangan dari tuas rem saat motor belum benar-benar turun. Jika tiba-tiba ada bahaya muncul, maka reaksi tangan kurang cukup cepat untuk menghindarinya.

Laporan Septian Farhan/Jakarta