Modifikasi Skutik Pakai Ban Off-road, Jangan Salah Kaprah

Ilustrasi ban off-road untuk motor
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Dunia modifikasi tidak mengenal batasan jenis dan merek kendaraan. Semua model bisa dijadikan kanas untuk menuangkan kreativitas para pehobi dunia otomotif, termasuk sepeda motor jenis skuter mati.

Tidak hanya dibuat bergaya motor balap saja, ada juga skuter matik yang diubah menjadi kendaraan perambah segala medan.

Salah satu ciri khas skutik ala off-road adalah tidak lagi menggunakan ban dengan kembang halus. Ban yang digunakan, yakni yang bisa menggaruk tanah dengan mudah, baik di roda depan maupun belakang.

Namun, tidak banyak yang tahun, bahwa mengganti roda standar skutik dengan ban pacul ternyata harus mengikuti kaidah yang sama di motor trail.

Department Training Sales PT Sumi Rubber Indonesia, Ibnu Baskoro mengatakan, jika sudah dimodifikasi untuk grasstrack atau off-road, diameter roda depan skutik harus lebih besar dibandingkan roda belakang.

"Ban belakang masih tetap ukuran standar, karena rumah roda pada bagian belakang sangat terbatas. Terutama pada motor matik, karena ada CVT. Diameter rodanya tidak bisa dimaksimalkan," ujarnya di Jakarta, Minggu 24 Februari 2019.

Ibnu mengatakan, penggunaan ban pacul untuk skutik off-road yang umum adalah menggunakan diameter 17 inci di depan, dan diameter 14 inci di belakang.

"Ban belakang 14 ukuran 90/100, tidak terlalu besar namun cukup lebar. Sementara, ban depan menggunakan ukuran 70/100 dengan diameter 17 inci. Itu yang kami sarankan," tuturnya.

Alasan menggunakan diameter roda yang berbeda, jelas Ibnu, karena roda depan menerima guncangan yang lebih besar. Alhasil, dibutuhkan roda yang lebih kuat.