Begini Cara Benar Mendirikan Moge yang Ambruk

Ilustrasi moge jatuh.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Motor Harley-Davidson memiliki bobot lebih bongsor dari motor kebanyakan. Untuk versi touring seperti Street Glide dan Road King, bahkan hampir menyentuh 400 kilogram.

Kenyataan tersebut membuat pengendaranya mengalami masalah, ketika motor tiba-tiba ambruk. Butuh tambahan tenaga untuk bisa mengembalikannya ke posisi semula.

Namun ternyata, membangkitkan Harley-Davidson yang ambruk tak boleh asal. Ada teknik khusus yang bisa dilakukan pemilik kendaraan, tanpa perlu mendapat bantuan dari orang lain.

Teknisi diler moge Big Bike 60 di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Taufik menyampaikan, selama ini masih ada yang belum mengerti cara membangkitkan motor Harley-Davidson dengan benar. Kebanyakan, kata dia, butuh dua orang untuk melakukan hal tersebut.

“Masih ada yang belum tahu, kalau membangkitkan (motor) Harley yang jatuh, bisa dengan membelakangi motor, sehingga tumpuan terbagi antara tangan, pinggang dan kaki. Tak tertumpu pada satu titik,” ujarnya kepada VIVA, Selasa 2 April 2019.

Teknik ini terbilang efektif, sebab caranya seperti mendorong motor ke belakang, bukan menarik atau mengangkatnya.? Taufik juga mengingatkan, mendirikan moge dengan cara yang sama seperti membangkitkan motor bebek atau matik, akan berbahaya bagi persendian tangan.

“Bobotnya kan beda dari motor lain. Kalau dipaksakan mengangkat dengan cara yang sama seperti mengangkat matik atau bebek, bahaya untuk tangan, terutama bagian sendi-sendi.” kata dia. (yns)