Begini Cara Ngecas Hape di Bagasi Motor yang Aman

Ilustrasi mengecas ponsel di bagasi motor
Sumber :
  • Dok: AHM

VIVA – Salah satu benda yang nyaris tak pernah lepas dari genggaman kita sehari-hari, yakni smartphone atau hape. Berawal dari gunanya untuk berkomunikasi, alat tersebut kini bisa membantu kita dalam melakukan beragam aktivitas.

Saking seringnya perangkat tersebut digunakan, hingga daya baterainya cepat habis. Colokan untuk mengecas ulang baterai hape saat ini seolah sudah menjadi kewajiban, yang harus disediakan di tempat nongkrong.

Para produsen sepeda motor juga sudah membekali beberapa model andalan mereka, dengan fitur tersebut. Cukup sediakan colokan khusus, maka gawai bisa diisi ulang baterainya sembari berkendara.

Beberapa menyediakan colokan tersebut, di bagasi motor. Tempat ini relatif lebih aman dari hujan dan potensi diambil oleh jambret. Tapi, masih banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara mengecas yang benar dengan menggunakan fitur tersebut.

Dilansir dari laman resmi Astra Honda Motor, Senin 23 Maret 2020, yang pertama harus diperhatikan adalah menggunakan alat cas asli. Sebab, kualitas bahan yang digunakan sudah terjamin dan lebih tahan panas.

Berikutnya, pastikan ponsel dalam keadaan mati. Apabila kondisinya hidup, maka berpotensi menimbulkan panas berlebih, yang bisa mengakibatkan kebakaran.

Lalu, jangan mengecas lebih dari satu perangkat di saat yang bersamaan. Beban yang ditarik akan besar, yang berujung pada panas berlebih. Terakhir, lupakan soal mengisi ulang power bank, karena lagi-lagi panas menjadi masalahnya.