Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 3 April 2020 | 10:10 WIB

5 Cairan Ini Bisa Merusak Cat Mobil

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • U-Report
Mencuci mobil.

VIVA – Dengan adanya kebijakan untuk tetap tinggal di rumah selama wabah virus corona, membuat masyarakat memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan banyak hal. Salah satunya, merawat kendaraan.

Jika biasanya urusan perawatan dilakukan sesekali, atau membawanya ke bengkel khusus, kini ada banyak waktu luang untuk melakukannya sendiri di rumah.

Baca Juga

Banyak hal yang bisa diperiksa dan dilakukan, mulai dari mengecek kondisi pelumas, tekanan ban, memeriksa kerusakan pada interior, hingga mencuci dan melakukan perawatan bodi.

Namun, sebelum melakukan itu kamu terlebih dulu harus mengetahui, bahwa ada beberapa cairan yang bisa membuat cat mobil menjadi rusak apabila kurang hati-hati menggunakannya.

Terpopuler

Dilansir dari laman Seva.id, Jumat 3 April 2020, cairan pertama yakni minyak rem. Tak hanya sekadar membuat cat belang, fluida ini juga bisa menimbulkan korosi dan karat.

Ketika membersihkan kaca dari jamur, hati-hati apabila menggunakan cairan khusus. Kandungannya cukup keras, bisa membuat cat berubah warna apabila terkena bodi.

Saat mengganti aki dengan yang baru, pastikan mengisi airnya dilakukan sebelum dipasang di mobil. Senyawa aki zuur mengandung asam, yang sifatnya merusak cat.

Lalu, sebisa mungkin mencuci mobil tidak memakai deterjen. Gunakan sampo khusus, yang tingkat keasamannya sudah disesuaikan dengan cat mobil.

Terakhir, cairan disinfektan. Terkadang, ada yang menggunakan disinfektan dengan bahan dasar pemutih yang dicampur air. Bahan tersebut bisa menimbulkan korosi, sehingga sebaiknya dihindari.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mudik dengan Mobil
OTOMOTIF - lewat 3 tahun lalu
Terbaru