Mobil Lama Enggak Dipakai Perlu Sesekali Dipindahkan, Biar Apa?

Mercedes-Benz C 180 atau yang dulu dikenal dengan nama CIBO
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Adanya pembatasan sosial berskala besar di Jakarta dan beberapa kota penyangga, membuat warga semakin sering berada di rumah. Otomatis, kendaraan bermotor roda empat jarang sekali digunakan.

Jika hanya butuh ke minimarket, biasanya mereka memilih mengendarai sepeda motor. Sementara, belanja bulanan saat ini bisa dilakukan dengan cara online, demi menghindari tertular virus corona.

Saat mobil lama berada di garasi, bukan berarti kamu bisa melupakannya begitu saja. Semua kendaraan butuh perawatan kecil, agar selalu siap sedia saat hendak digunakan.

Dilansir dari keterangan resmi Mercedes-Benz Indonesia, Kamis 16 April 2020, ada beberapa hal yang perlu dilakukan pada mobil, jika lama tidak digunakan.

Baca juga: Koleksi Mobil 7 Stafsus Milenial Jokowi Bikin Kaget

Pertama, ini adalah saat yang tepat untuk mencuci sendiri kendaraan kesayangan. Dengan melakukannya secara langsung, kamu bisa mengetahui apabila ada bagian yang cacat atau rusak.

Gunakan sampo khusus kendaraan, dan lakukan pencucian di tempat yang teduh. Jika sudah selesai, keringkan dengan lap bersih dan lembut, agar tidak menimbulkan goresan pada cat. Lakukan ini minimal satu pekan sekali.

Usai mencuci mobil, keluarkan penyedot debu dari gudang dan bersihkan interior kendaraan. Meski jarang dipakai, bukan berarti tidak ada debu dan kotoran di bagian kabin.

Setiap tiga hari, hidupkan mesin selama 5-10 menit. Tujuannya, agar bagian dalam mesin tetap terlumasi dengan baik. Selain itu, menghidupkan mesin juga bermanfaat untuk mengisi arus listrik ke aki.

Yang tidak kalah penting, geser posisi kendaraan tiap pekan. Hal ini dilakukan, agar tekanan pada ban bisa merata. Jika dibiarkan lama, maka sisi bawah ban akan terus menerima beban, dan berpotensi rusak atau kempis.