Tips Merawat Motor di Rumah ala Vespa

Skuter matik Vespa bekas
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – tidak semua orang gemar merawat sendiri kendaraan kesayangan mereka. Selain karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar, peralatan yang dimiliki di rumah juga tidak selengkap bengkel atau salon mobil.

Namun, kini kalian punya banyak waktu di rumah. Bahkan, kadang sampai bingung harus melakukan apa. Nah, tidak ada salahnya kamu mencoba merawat sendiri motor yang biasa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Dilansir dari laman Instagram Vespa Indonesia, Jumat 17 April 2020, merawat motor di rumah tidak serumit yang dibayangkan. Bahkan, hanya ada tiga tahap saja.

Pertama, cuci motor hingga bersih. Kamu bisa melakukan ini dengan beberapa cara, mulai dari teknik sederhana yang hanya mengandalkan air dan sabun, hingga teknik ala salon mobil dengan kuas dan bahan poles cat.

Baca juga: Viral Pengatur Lalu Lintas di Yogyakarta Pakai Masker Galon

Jika motor jarang digunakan dan tidak terkena hujan atau melintasi jalanan becek, mencuci kuda besi bisa dilakukan satu pekan sekali. Lakukan di tempat yang teduh, agar air tidak kering akibat sinar matahari dan menimbulkan bercak.

Perawatan yang kedua, yakni dengan memanaskan mesin setiap hari. Jika kamu memiliki motor keluaran terbaru, maka proses ini cukup dilakukan kurang dari tiga menit. Tapi, kalau motormu masih menggunakan sistem pengabutan karburator, maka panaskan selama lima menit.

Saat memanaskan mesin, pastikan bahwa kamu melakukannya di tempat terbuka. Tujuannya, agar asap hasil pembakaran tidak terhirup dan menyebabkan penyakit.

Terakhir, pastikan motor disimpan dalam kondisi menggunakan standar tengah. Selain lebih aman, cara ini juga mencegah distribusi bobot yang tidak merata. Beri alas pada roda depan, agar tekanan anginnya tetap terjaga.