Isi Bensin Mobil di Rumah, Jangan Asal-asalan

BBM untuk kendaraan bisa dikirim ke lokasi pelanggan
Sumber :
  • dok. Pertamina

VIVA – Rutinitas mengisi bahan bakar minyak atau BBM selama pandemi COVID-19 kini bisa dilakukan, tanpa harus mengunjungi stasiun pengisian bahan bakar umum atau SPBU seperti dalam kondisi normal.

Pemilik mobil yang menggunakan BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina DEX dan Dexlite, bisa melakukan pemesanan melalui call center Pertamina di nomor 135,  atau melalui chat whatsapp di nomor 0811 135 0135. Pembelian bisa dilakukan mulai 20 liter dan maksimal 30 liter.

Pemesanan akan diantar pada hari yang sama jika dilakukan sebelum pukul 17.00. Namun, saat pelanggan melakukan order melewati jam tersebut, maka pengiriman akan dilakukan pada hari berikutnya mulai pukul 08.00 – 20.00 waktu setempat.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, untuk kenyamanan dan keamanan, pada saat pengisian BBM, Pertamina mengingatkan konsumen bahwa pengisian harus berada di ruang terbuka.

Baca juga: Ada Virus Corona, Isi Bensin dari Rumah Gak Cuma untuk Warga DKI

Artinya, saat mengisi BBM mobil sedang tidak diparkir dalam ruangan tertutup seperti basement atau garasi. Hal ini untuk menghindari konsentrasi uap tidak berkumpul di satu titik, yang berisiko menimbulkan kebakaran

Tak hanya itu, kata Fajriyah, selama masa pandemi COVID-19, petugas pengantaran dan juga produk BBM Pertamina yang dipesan oleh pelanggan, sudah melalui proses penyemprotan disinfektan untuk memastikan steril virus.

"Selama komunikasi dengan pelanggan juga tetap jaga jarak sesuai protokal pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu 18 April 2020.

Sementara itu, Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengatakan, mengisi bensin di rumah tetap harus memperhatikan faktor keamanannya. Hal ini untuk mencegah risiko yang terjadi saat pengisian bahan bakar.

Menurutnya, mengisi bensin mobil tetap harus dilakukan dengan kondisi mesin yang mati, dan diupayakan untuk berada di ruangan yang terbuka, serta pastikan jumlah takaran liter yang diantar sesuai dengan pesanan.

"Saya pribadi belum pernah mencoba isi bensin di rumah. Tapi memang harus diperhatikan keamanannya, terutama pengisian harus dilakukan di ruang terbuka sehingga ada sirkulasi udara atas uap dari BBM itu," tuturnya.