4 Hal Ini Bisa Mengancam Nyawa saat Naik Motor

Ilustrasi pengendara sepeda motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA – Salah satu alasan mengapa banyak orang Indonesia menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi, adalah karena kepraktisannya. Ukurannya yang kecil, membuat kendaraan itu tidak repot untuk digunakan di perkotaan yang macet.

Sayangnya, hingga kini masih banyak pengendara motor yang kerap mengabaikan keselamatan. Mulai dari tidak mengenakan helm, hingga melawan arus.

Tak hanya itu, ada empat hal lain yang juga sering dilakukan oleh para pemotor, yang tanpa mereka sadari bisa membahayakan nyawa. Berikut daftarnya, dilansir dari laman Wahana Honda, Selasa 21 April 2020:

Tidak memasang tali helm dengan sempurna

Memakai helm sudah menjadi kewajiban pengendara motor. Tapi, mengenakannya saja tidak cukup aman. Kamu perlu memastikan, helm terkunci dengan baik. Jika tidak, helm lepas dari kepala saat terjatuh.

Spion hanya jadi pajangan

Meski sudah dibekali dengan dua kaca spion, namun masih ada pengendara yang tidak memanfaatkannya. Mereka lebih mengandalkan insting, dan memantau situasi di belakang dengan cara menoleh. Alhasil, ia tidak sempat menghindar jika tiba-tiba di depan terjadi sesuatu.

Terlalu banyak bawa barang

Tak hanya saat mudik, orang Indonesia sehari-hari juga sering mengendarai motor dengan beban yang sangat berat dan jumlah banyak. Hal itu tentu berpengaruh pada keseimbangan, meski kendaraan dijalankan dengan kecepatan pelan.

Asyik dengar musik pakai headset

Musik bisa mengusir jenuh dan penat, terutama saat terjebak kemacetan. Tapi, hal itu juga membuat konsentrasi otak menjadi terpecah. Sementara, saat berkendara kamu harus fokus pada situasi yang ada di jalan.

Baca juga: Ketahuan Boncengan Beda Alamat, Polisi Enggak Cuma Kasih Teguran