Bikin Logo Kinclong Lagi, Gak Perlu Repot ke Salon Mobil

Ilustrasi logo di mobil Peugeot
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Pada setiap mobil, biasanya dipasang logo merek, maupun nama produknya sebagai identitas. Meski demikian, logo yang ada di bagian eksterior maupun di setir, bisa terlihat kotor dan mengusam seiring dengan usia pakai kendaraan.

Jika mengalami kondisi ini, tak perlu buru-buru membawanya ke tempat cuci maupun salon mobil. Logo merek maupun nama kendaraan yang kusam bisa dibersihkan sendiri di rumah, dengan memanfaatkan peralatan sederhana.

National Technical Advisor Astra Peugeot, Samsudin mengatakan, perawatan emblem atau logo yang berada di grill, buritan dan lingkar kemudi sebaiknya dilakukan karena di area tersebut biasanya banyak ditemukan kotoran, dan jamur bersarang di bagian sela-selanya.

Kotoran itu, kata dia, biasanya muncul di mobil yang usia pakaianya lebih dari tiga tahun, lantaran area ini kerap diabaikan oleh sebagian pemilik kendaraan. Untuk membersihkannya, pemilik kendaraan bisa memanfaatkan pembersih serba guna untuk produk otomotif.

Baca juga: Dibuat Mirip Aslinya, Replika Rolls-Royce Ini Punya Harga Wow

“Produk All Purpose Cleaner banyak tersedia di toko perkakas maupun  pusat perawatan mobil. Pastikan tidak memakai obat usir kerak yang biasa dijual di toko kimia,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa 26 Mei 2020.

Dia mengatakan, siapkan kapas pembersih telinga (cotton bud), sikat gigi halus, dan cairan pembersih tadi. Pemilik mobil sebaiknya menghindari cairan pembersih yang mengandung Acid, karena berisiko merusak lapisan krom di logo, baik yang terbuat dari logam maupun plastik.

Proses membersihkan area sekitar logo, bisa dimulai dengan menyemprotkan air, lalu cairan pembersih secara merata di bagian yang akan dieksekusi. Untuk merontokkan kerak, bisa dengan cara menggosok logo memakai sikat gigi halus agar tidak menggores bagian di sekitarnya.

"Jika masih ada kotoran yang melekat di celah kecil, barulah gunakan cotton bud dengan cara yang sama untuk menjangkaunya,” paparnya.

Setelah terlihat agak bersih, proses berikutnya adalah membilas bekas kotoran dengan air bersih. Lakukan berulang hingga kerak dan jamurnya benar-benar hilang dari permukaan logo. Selamat mencoba.