Lampu Motor Redup, Coba Periksa Komponen Ini

Lampu sepeda motor.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Lampu pada sepeda motor, bukan hanya menjadi alat penerangan saat berkendara di malam hari. Perangkat ini juga wajib dinyalakan ketika pagi maupun siang, sebagai penanda untuk kendaraan lainnya ketika berada di jalan raya.

Mengingat fungsinya yang sangat penting, pemilik sepeda motor sebaiknya memastikan kondisi lampunya. Sebab, seiring usia pemakaian kendaraan, komponen ini terkadang tidak bisa menyala secara maksimal, atau bahkan mati total.

Melansir dari laman Astramotor, Jumat 12 Juni 2020, seringkali lampu motor kita tiba-tiba redup atau bahkan mati saat digunakan. Hal ini tentu akan membahayakan pengendara tersebut, maupun pengguna jalan raya lainnya.

Untuk itu, ada beberapa hal yan perlu diketahui pemilik maupun pengguna, terkait penyebab lampu sepeda motornya yang redup, atau bahkan mati total ketika hendak dipakai berkendara, baik siang maupun malam hari.

Baca juga: Hotman Paris Pamer Mobil Mewah Baru, Lexus 'LM'

Meredupnya atau bahkan mati total sinar lampu motor, bisa jadi karena aki yang soak. Aki sepeda motor tak bisa lagi menyimpan daya listrik sekaligus memberikan suplai aliran listrik pada komponen lainnya, termasuk untuk menyalakan sinar lampu secara maksimal.

Penyebab lainnya, bisa jadi karena soket lampu kendur. Soket lampu berfungsi menghubungkan arus listrik dari aki ke bohlam lampu. Jika komponen ini tidak terpasang dengan kuat, akan menyebabkan arus listrik menjadi tidak maksimal. Alhasil, lampu motor pun akan menyala redup.

Tak hanya kendur, soket lampu yang berkarat juga bisa menjadi faktor lampu menyala tidak maksimal. Pada bagian soket terdapat sebuah logam yang bisa berkarat, dan akibatnya membuat lampu menyala redup atau bahkan mati semuanya.

Lampu yang memancarkan sinar tidak maksimal bisa jadi karena adanya kabel yang meleleh. Hal ini biasanya disebabkan karena panas berlebih yang dialami oleh kabel tersebut atau bagian-bagian di sekitarnya. Kabel yang meleleh juga menghambat arus listrik yang diterima oleh bohlam lampu.

Jika semua sudah dicek, namun lampu belum mau menyala, coba periksa regulator atau biasa disebut dengan kiprok. Kiprok memiliki fungsi untuk menstabilkan tegangan arus listrik sebelum masuk ke aki. Jika komponen ini rusak, timbul masalah pada beberapa kelistrikan motor, termasuk yang berkaitan dengan lampu.