Cara Memilih Oli untuk Mobil Lama

Ilustrasi pelumas kendaraan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Meski banyak mobil baru bermunculan setiap tahun, namun ada beberapa orang yang masih setia dengan kendaraan lama mereka. Nilai sentimentil biasanya melekat, sehingga sang pemilik tidak ingin menjual dan menggantinya dengan model lain yang lebih baru.

Mobil keluaran tahun lama kini juga banyak diburu, terutama oleh para pehobi. Keinginan untuk tampil beda, mengalahkan semua proses melelahkan saat mengembalikan kembali kondisi mobil agar layak pakai.

Baca juga: Awas Salah Beli, Motor Ini Bukan Yamaha Nmax

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika memiliki dan merawat mobil lama, yakni mengenai pelumas. Zaman dulu, jenis oli yang tersedia tidak sebanyak dan secanggih saat ini.

Perkembangan mesin dengan performa dan durabilitas tinggi, membuat produsen pelumas membekali produknya dengan beragam campuran yang bisa membuat jangka waktu pemakaian jadi lebih lama.

Agar beban mesin lebih ringan, maka tingkat kekentalan atau viskositasnya juga dibuat lebih encer. Namun, apakah oli jenis ini bisa dipakai di mobil tahun lama?

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Mobil Lubricants Indonesia, Sabtu 20 Juni 2020, viskositas pada oli layaknya madu dan air. Saat dituang dari gelas, kedua cairan tersebut akan mengalir dengan kecepatan yang berbeda.

Selain viskositas, oli yang dijual di pasaran juga terbagi jadi dua, berdasarkan bahan dan cara pembuatannya. Ada oli mineral, yang memiliki ketahanan yang relatif rendah terhadap panas dan oksidasi. Tapi, oli jenis ini sangat ideal untuk mobil tua yang dibuat sebelum adanya pelumas sintetis.

Kedua, yakni oli sintetis yang bisa tahan hingga 10 ribu kilometer dan dibekali dengan banyak fitur pelindung. Pelumas jenis ini sangat cocok untuk dipakai di mesin kendaraan modern.

Jika bingung memilih oli yang cocok, kamu dapat memanfaatkan jasa yang ditawarkan oleh PT PT ExxonMobil Lubricants Indonesia sebagai pemilik merek Mobil. Mereka bekerja sama dengan startup Brum.id, menyediakan layanan servis di rumah.

“Menghadapi normal baru, kita secara bertahap mengubah perilaku sebagai konsumen. Kami bermitra dengan Brum.id, memberikan solusi kepada konsumen dalam melakukan perawatan, dan perlindungan terhadap kendaraannya selama di rumah,” ujar ExxonMobil Lubricants Indonesia Marketing Director, Pablo Conrad.

Pada tahap awal, layanan ini akan tersedia di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Konsumen dapat menjadwalkan, kapan waktu untuk mekanik dapat datang ke rumah dengan masuk ke www.mobil.co.id/id-id/where-to-buy/servis-di-rumah.