Bikin Mobil Kinclong Lagi, Bisa Lho Dilakukan Sendiri di Rumah

Poles mobil.
Sumber :
  • Foto: VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA – Seiring umur pemakaian, biasanya penampilan mobil akan berubah, dan tidak semulus saat pertama kali keluar dari diler. Kondisi itu bisa bertambah parah, jika pemiliknya malas untuk melakukan perawatan eksterior kendaraan secara rutin.

Mobil yang sudah berumur dan tidak dirawat secara apik oleh pemiliknya, biasanya akan terlihat goresan bahkan timbul karat di bagian eksteriornya. Tak hanya itu, kaca mobil pun akan dipenuhi jamur yang bisa mengurangi daya visual pengemudinya.

Padahal, menghilangkan goresan pada bodi mobil dan jamur yang menempel di kaca, bisa dilakukan sembari mengisi waktu luang pemiliknya di rumah. Alat dan bahan yang dipakai pun tak serumit yang ada di bengkel spesialis perawatan kendaraan.

Mengutip siaran pers Suzuki Indonesia, Rabu 24 Juni 2020, ada beberapa kiat khusus dalam merawat tampilan kendaraan di rumah, mulai dari menghilangkan lecet pada bodi, mencegah karat, serta menghapus jamur yang menempel di kaca.

Baca juga: Suzuki Jimny Baru Dimodifikasi Mirip Mobil 'Jadul', Begini Jadinya

Untuk mengatasi lecet atau goresan, pemilik disarankan untuk mencucinya terlebih dahulu. Manfaatkan compound untuk menggosok bagian yang lecet memakai kain micro fiber atau busa halus secara melingkar dengan tekanan sedang.

Lakukan terus menerus sampai goresan tidak terlihat. Setelah itu, oleskan wax dengan busa halus untuk menyempurnakan hasil compound yang dilakukan sebelumnya.

Sementara itu, bila kaca mobil terlanjur berjamur, lap menggunakan alkohol dan gosok dengan kapas, ulangi proses tersebut hingga kaca terlihat benar-benar bersih dari jamur. Menghindari jamur kembali menempel, ingatlah untuk mengeringkan kaca mobil dengan sempurna setelah mencuci mobil.

Perlu diketahui juga, selan lecet pada bodi mobil dan jamur di kaca, risiko lainnya jika perawatan tak dilakukan secara rutin adalah timbulnya karat. Untuk mencegahnya, hindari parkir terlalu lama di tempat lembap, segera cuci terutama bagian bawah mobil jika terkena hujan.

“Pastikan mobil memiliki tampilan terbaik. Selain membuat lebih percaya diri saat berkendara, tentunya juga memberikan kenyamanan saat mulai beraktivitas di luar rumah," ujar Herli Barlian selaku Section Head Used Car & Body Paint Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).