Oli Bisa Dipakai untuk Merawat Knalpot Sepeda Motor, Sudah Tahu?

Ilustrasi mengisi oli mesin motor
Sumber :
  • Doers

VIVA â€“Oli memiliki peran penting bagi sepeda motor. Sebab, cairan tersebut bertugas untuk melumasi mesin dan berbagai komponen penting di dalamnya saat motor dinyalakan. Selain itu, oli ternyata bisa dipakai untuk mencegah karat pada knalpot.

Tentu saja volume oli yang dipakai untuk perawatan knalpot, tidak sebanyak yang dibutuhkan oleh mesin kendaraan bermotor. Pemilik sepeda motor bisa memanfaatkan oli baru, untuk mengolesi bagian knalpot, agar tidak mudah berkarat.

Melansir dari laman Astramotor, Selasa 21 Juli 2020, untuk mencegah terjadinya karat pada knalpot, pemilik sepeda motor bisa menggunakan oli untuk melumasi bagian knalpot yang rawan berkarat. Biasanya, karat muncul bagian leher, sehingga oli bisa dioleskan di sekitar area tersebut.

Memanfaatkan oli untuk mencegah karat pada knalpot, diawali dengan menyalakan mesin motor terlebih dahulu dan biarkan beberapa saat sampai mesin dan bagian knalpot memanas. Selanjutnya, oleskan oli pada bagian knalpot yang berpotensi karat.

Baca juga: Suzuki Indonesia Buka-bukaan Soal Efisiensi Biaya di Tengah Pandemi

Oli yang meleleh akan melumasi bagian knalpot tersebut dengan sempurna, dan mengurangi risiko terjadinya karat. Selain mencegah karat, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk perawatan jalur gas buang kendaraan bermotor, yakni membersihkan knalpot motor dan memeriksa jalur pipanya.

Knalpot merupakan salah satu komponen motor yang terbuat dari besi. Maka, penting untuk segera membersihkannya setelah bekendara dalam cuaca hujan. Pemilik bisa menyiramnya dengan air bersih, lalu mengelapnya dengan kain sampai kering.

Perawatan knalpot lainnya bisa dilakukan dengan mengecek jalur pipanya. Meski telah dirancang sedemikian rupa oleh pabrikan agar tetap aman, namun di kondisi tertentu knalpot bisa kemasukan air.

Untuk memastikan pipa knalpot itu kering dan tidak tersumbat, bisa dilakukan dengan mencolok lidi ke dalamnya. ika tidak ada hambatan, artinya drainase berada dalam kondisi baik.