Begini Posisi Kaki Kiri yang Benar Saat Nyetir Mobil Matik, Harus Tahu

ilustrasi mengerem dengan kaki kiri
Sumber :
  • whichcar.com.au

VIVA – Saat membeli mobil, biasanya konsumen bisa memilih tipe serta transmisi yang digunakan. Untuk penggunaan di kota-kota besar yang biasanya memiliki kondisi lalu lintas padat, tentu saja sistem transmisi tanpa perlu menginjak kopling patut menjadi pertimbangan.

Dengan sistem transmisi otomatis, pengemudi tak lagi repot harus menginjak kopling untuk memindahkan tuas transmisi, atau saat menambah dan mengurangi kecepatan ketika mobil berjalan.

Semua sistem perpindahan tenaga dari mesin diatur secara otomatis oleh komputer, dan pengemudi hanya perlu memindahkan tuas sekali saja saat mobil mulai dikemudikan, maupun ketika hendak berhenti ataupun parkir.

Bagi yang terbiasa memakai mobil bertransmisi manual, tentu saja perlu beradaptasi saat harus mengemudikan versi transmisi otomatis. Sebab, kaki kiri yang biasanya sibuk menekan pedal kopling, menjadi lebih santai sepanjang perjalanan.

Baca juga: Pria Ini Kelabui Diler, dan Bawa Kabur Mobil Sport Porsche

Meski pemakaian kaki kiri menjadi minim, atau bahkan tidak digunakan sama sekali dalam perjalanan, bukan berarti pengemudi bisa dengan sesuka hati memposisikannya. Seperti mengemudi biasanya, aturlah posisi duduk yang tepat dan nyaman selama berkendara.

Training Director Jakarta Defensive Driving Ceronsulting (JDCC), Jusri Pulubuhu mengatakan, kaki kiri sebaiknya diletakan di floor board, atau dengan posisi selonjoran selama mengemudi dengan mobil bertransmisi otomatis. Namun, posisinya harus diatur agar tidak lebih dari 90 derajat.

"Makannya pabrikan memberikan foot rest di mobil matik, karena untuk tempat kaki kiri yang tidak bekerja. Dan saya bilang mobil matik itu punya tiga pedal," ujarnya seperti dilansir dari 100KPJ, Rabu 5 Agustus 2020.

Jika mobil yang dikemudikan tidak mempunyai foot rest seperti mobil-mobil matik kelas premium, kata dia, usahakan kaki tetap di area floor board. Namun jangan terlalu menekuk, atau meletakan sembarangan, misalnya menekuk kaki di kursi karena letih.

"Jangan sekali-kali kaki ditekuk seperti duduk bersila di bangku, karena berbahaya. Selain itu jangan terlalu menekuk, karena peredaran darah bisa kurang lancar. Dalam perjalanan jarak jauh pasti terasa cepat letih," paparnya.