Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Jangan Sembarangan Servis AC Mobil, Ada Efek Negatifnya

Kamis, 13 Agustus 2020 | 18:19 WIB
Foto :
  • Pixabay
AC mobil (Ilustrasi).

VIVA – Udara kabin yang sejuk selama perjalanan, adalah idaman semua pemilik mobil. Namun layaknya mesin, pendingin udara kabin juga harus mendapat perawatan secara berkala agar terus berfungsi secara optimal.

Selama pemakaian, komponen AC seperti evaporator dan kondensor bisa saja kotor akibat penumpukan debu. Pada mobil yang sistem pendinginnya tidak pernah diperiksa, kotoran tersebut bisa menjadi kerak dan lendir yang menjijikan. Apabila dibiarkan, maka komponen tersebut bisa rusak dan jebol.

Baca Juga

Hal itu tentu mempengaruhi kesehatan penumpang kendaraan. Apalagi, dalam kondisi wabah COVID-19 saat ini kabin mobil wajib resik agar terhindar dari penularan penyakit. Untuk membersihkan AC mobil, umumnya perlu membongkar dasbor. Sebab, komponen evaporator yang menjadi tempat berkumpulnya debu dan kotoran tersimpan di belakangnya.

Membersihkan komponen pendingin kabin butuh waktu yang cukup lama. Risiko yang mungkin saja terjadi, adalah proses bongkar dan pasang dasbor tidak dilakukan dengan sempurna. Alhasil, muncul suara berisik, saat mobil melewati jalan tidak rata.

Read more...
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler