Bikin Mesin Skutik Tetap Adem, Ternyata Begini Rahasianya

Ilustrasi pengendara sepeda motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA – Skuter matik saat ini menjadi pilihan transportasi bagi masyarakat, untuk beragam aktivitas harian. Tak heran, jenis sepeda motor ini menempati posisi terlaris di Tanah Air setiap tahunnya.

Jika menelisik data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), dari Januari sampai Juni 2020 skutik mendominasi penjualan. Di tengah kondisi pandemi COVID-19, kendaraan bermotor roda dua dengan kopling otomatis itu mencatat penjualan 1,84 juta unit.

Larisnya skutik baru dari pabrikan otomotif, ternyata berdampak baik bagi penjualan komponen pendukungnya, salah satunya pelumas. Kepala Pengembangan Produk Repsol di Indonesia, Victor Gomez Gallego mengatakan, skutik merupakan pasar terbesar untuk MCO (Motorcycle Oil) Repsol di Indonesia.

"Selama beberapa tahun terakhir, skuter otomatis menjadi lebih relevan dengan membawa konsep produk JASO MB," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif, Jumat 14 Agustus 2020.

Baca juga: Cara Aman untuk Pesepeda dan Pengendara Kendaraan Bermotor di Jalanan

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia, kata Victor, pihaknya menciptakan pelumas yang bisa melindungi mesin secara maksimal. Sebab, temperatur tinggi di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, membutuhkan perlindungan lebih bagi mesin kendaraan.

Victor menyebut, Repsol kini meluncurkan pelumas mesin kendaraan dengan teknologi XR. Ada tiga fitur mendasar yang ditingkatkan dengan penggunaan teknologi baru, yakni perlindungan keausan, kebersihan mesin, dan durabilitas pelumasnya.

"Ini merupakan sesuatu yang baru dibawa ke Indonesia, dengan menyesuaikan formulasi yang kami tawarkan untuk melampaui kinerja yang diminta oleh masyarakat Indonesia," kata Victor.