Cuaca Lagi Panas Banget, Hati-hati Jok Motor Bisa Rusak

Jok motor modifikasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto Sudibyo

VIVA – Suhu udara di Jakarta belakangan ini cukup panas. Angkanya bisa mencapai 33-34 derajat Celcius, membuat para pengendara motor banjir keringat saat harus terjebak di kemacetan.

Tingginya temperatur udara juga bisa merusak sepeda motor kesayangan. Apalagi, jika kuda besi harus diparkir di bawah terik matahari langsung.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Astramotor, Sabtu 27 September 2020, tempat yang panas dan terpapar sinar matahari langsung dapat berakibat buruk pada motor.

Bukan hanya pada jok motornya saja yang rusak, tapi juga cat motor yang semakin lama akan menjadi lebih cepat pudar dan warnanya berubah menjadi lebih kusam.

Baca juga: Mirip Honda CT125, Motor Tangguh Ini Cuma Rp8 Jutaan

Jika memang sangat terpaksa harus parkir di tempat yang panas dalam waktu yang lama, kamu bisa mengakalinya dengan menutupi motor menggunakan cover yang dijual di pasaran.

Selain sinar matahari, faktor lain yang bisa membuat jok motor jadi rusak adalah bawaan yang bobotnya sangat berat.

Jika terpaksa mengangkut benda-benda yang memiliki tekstur kasar atau tajam, ada baiknya lapisi dulu jok motor dengan kardus yang sedikit tebal atau plastik.

Terakhir dan tidak kalah penting, ketika mencuci motor jangan bersihkan jok dengan sikat. Cukup pakai lap atau kain yang lembut. Jangan lapisi jok dengan semir ban, gunakan bahan khusus yang memang didesain untuk material jok.