Untung Rugi Pasang Ban Profil Rendah di Mobil LCGC

Ilustrasi ban mobil.
Sumber :
  • Pixabay/Mikesphotos

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprediksi, bahwa pekan depan mulai masuk ke masa peralihan musim. Alhasil, bakal terjadi hujan deras dan angin lebat di beberapa wilayah, termasuk Jakarta.

Kondisi ini membuat jalanan menjadi licin, karena adanya genangan air. Para pengemudi harus waspada, terutama bagi yang kondisi ban mobil sudah tipis dan harus diganti.

“Pastikan tidak menggunakan ban yang sudah gundul atau bergelombang untuk melintasi genangan air dengan kecepatan cukup tinggi,” ujar Presiden Direktur PT Hankook Tire Sales Indonesia, Yoonsoo Shin melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Selasa 29 September 2020.

Jika sudah waktunya diganti, kata Shin, maka ini jadi kesempatan pemilik mobil untuk memasang ban tipe Ultra-High Performance atau UHP. Karakter dari ban ini adalah jarak pengereman jadi lebih pendek, karena cengkeraman karet ke aspal lebih baik dari ban standar.

Baca juga: Pemprov DKI akan Razia Mobil dan Motor Usia 3 Tahun

Ban UHP juga tepat bagi mereka yang mencari pengalaman berkendara lebih sporty, karena dapat memberikan kesan seolah pengemudi bisa merasakan kontur jalan yang dilalui.

Hankook Tire memproduksi ban UHP untuk berbagai kategori kendaraan. Untuk segmen mobil premium Eropa dan MPV, ada seri Ventus Prime3. Lalu, Kinergy Eco2 dan Hankook Optimo ditujukan untuk mobil berukuran kecil dan menengah, seperti MPV dan mobil LCGC.

Dilansir dari Wiygul.com, satu ciri khas ban UHP yakni memiliki profil rendah. Karena jarak antara telapak dan pelek tidak banyak, maka efeknya guncangan akan terasa lebih keras. Selain itu, tingkat kebisingan yang dihasilkan juga di atas ban standar, sehingga kurang cocok untuk kendaraan yang bodinya tipis seperti LCGC.

Ban UHP memang bisa dipacu hingga kecepatan lebih dari 200 kilometer per jam. Tapi, jangan lupa bahwa batas kecepatan di jalan tol hanya 100 km per jam.