Cara Mudah Bikin Mobil Adem Meski Parkir di Luar

Payung untuk mobil
Sumber :
  • Twitter Lanmodo

VIVA – Terbatasnya lahan parkir membuat pemilik kendaraan harus menaruh mobil mereka di luar ruangan. Hal ini terjadi baik di pemukiman maupun pusat perbelanjaan.

Sinar matahari memang baik untuk makhluk hidup, namun tidak demikian untuk kendaraan. Cahaya yang mengandung ultraviolet bisa merusak beberapa komponen mobil, seperti cat dan interior.

Masalah lain yang harus dihadapi, yakni suhu interior mobil akan sangat panas saat pemilik hendak berkendara. Mereka terlebih dahulu harus membuka kaca, agar terjadi sirkulasi udara.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari melapisi cat dengan pelindung yang bisa menjaga warna agar tetap mengilap, hingga memasang cover kaca yang mampu menolak sinar matahari.

Baca juga: Ada Vespa Edisi Sean Wotherspoon Cuma Rp57 Juta

Ada juga aksesori mobil yang bisa melindungi cat, menjaga suhu kabin agar tidak terlalu panas dan sekaligus melindungi bodi dari kotoran, yakni payung khusus mobil.

Bentuknya mirip seperti payung, namun ukurannya lebih besar. Alat ini dipasang di bagian atap, dan bisa mengembang dengan cara menekan tombol pada remote.

Ada tali khusus yang berfungsi mencegah payung terbawa angin, sekaligus sebagai pengaman agar alat tidak dibawa kabur orang.

Dari penelusuran VIVA Otomotif di beberapa e-commerce yang ada di Indonesia, produk payung mobil itu dijual dengan harga mulai dari Rp3-5 juta.