Isi Waktu Saat Libur Cuti Bersama, Yuk Cek Kondisi Mobil Kamu

Mencuci mobil.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tanggal 28 Oktober sampai dengan 1 November 2020, diputuskan oleh Pemerintah sebagai cuti bersama, sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Momen ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk keluar kota maupun pulang kampung. Selain itu, bisa juga untuk melakukan perawatan mobil secara mandiri.

Bagi kamu yang tak berencana pergi keluar kota, ataupun pulang kampung, bisa memanfaatkan waktu ini untuk melakukan perawatan ringan sekaligus memeriksa secara langsung mobilnya. Sehingga, kondisinya tetap fit dan tak merepotkan saat nantinya kembali dipakai untuk beragam aktivitas.

Berdasarkan siaran pers Auto2000, dikutip VIVA Otomotif, Rabu 28 Oktober 2020, ada beberapa kegiatan perawatan kendaraan yang bisa dilakukan langsung oleh para pemilik di kala cuti bersama.

Pertama, waktu senggang selama libur cuti bersama bisa dimanfaatkan untuk mencuci sendiri kendaraannya. Tak hanya bagian luar, bersihkan juga kabin secara menyeluruh. Jika kurang puas, bisa ditambahkan dengan ritual memoles kendaraan secara mandiri.

Selain mencuci mobil, beberapa hari ini bisa dimanfaatkan untuk mengecek konsisi dan membersihkan ban mobil secara detail. Sembari dibersihkan, pastikan seluruh ban dalam kondisi prima. Jika punya banyak waktu, jangan lupa untuk mengecek kondisi ban cadangan.

Tak hanya mencuci dan mengecek ban, memeriksa kondisi oli juga bisa kamu lakukan saat cuti bersama kali ini. Caranya, buka kap mesin dan periksa kondisi pelumas melalui dipstick oil, jika volumenya berkurang bisa ditambakan atau bahkan ganti seluruhnya.

Sembari membuka kap mesin, periksa pula kondisi air radiator, minyak rem, air aki, serta cairan pembersih kaca mobil. Tambah kalau kurang dan ganti jika sudah waktunya diganti. Perhatikan juga bagian kolong mobil, dikhawatirkan ada rembesan oli atau cairan lainnya di bawah mesin.

Baca juga: Empat Tahun Hilang, Moge Harley-Davidson Ditemukan Dalam Kondisi Utuh